Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hidupkan Hubungan Bilateral, PM Malaysia Anwar Ibrahim Terbang ke China Temui Xi Jinping

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 30 Maret 2023, 06:42 WIB
Hidupkan Hubungan Bilateral, PM Malaysia Anwar Ibrahim Terbang ke China Temui Xi Jinping
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim/Net
rmol news logo Dalam upaya menghidupkan hubungan bilateral setelah sempat terhambat karena pandemi Covid-19, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim melakukan kunjungan resmi pertama ke China, di mana dia akan bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

Kementerian Luar Negeri Malaysia mengatakan pada Rabu (29/3), bahwa Anwar akan berada di China selama empat hari mulai Rabu hingga Sabtu.

Selain bertemu Xi, Anwar juga akan menggelar pertemuan dengan rekannya Perdana China Li Qiang untuk membahas kerja sama bilateral, termasuk perdagangan dan investasi serta ketahanan pangan.

"Kunjungan tersebut diharapkan dapat memperkuat hubungan ekonomi, yang tentunya akan menghasilkan arus perdagangan dan investasi yang lebih besar," kata Kementerian, seperti dikutip dari Bangkok Post.

China telah menjadi mitra dagang terbesar Malaysia sejak 2009. Total perdagangan antara kedua negara menyentuh 487,1 miliar ringgit (sekitar 1,6 triliun rupiah) pada tahun 2022.

China juga merupakan investor utama di Malaysia tahun lalu, menyumbang 21 persen dari investasi senilai 59 miliar dolar AS pada tahun 2022.

Kunjungan Anwar ke China adalah yang pertama oleh seorang pemimpin Malaysia sejak perjalanan mantan perdana menteri Mahathir Mohamad pada April 2019.

Anwar sebelumnya telah melakukan perjalanan ke Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, Turki dan Arab Saudi sejak menjadi perdana menteri, berusaha untuk memperkuat hubungan ekonomi dan kedudukannya di antara warga Malaysia setelah bertahun-tahun mengalami ketidakstabilan politik. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA