Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tsai Ing-Wen Terbang ke Amerika untuk Bertemu Ketua DPR AS, China Siapkan Tindakan Tegas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 30 Maret 2023, 08:33 WIB
Tsai Ing-Wen Terbang ke Amerika untuk Bertemu Ketua DPR AS, China Siapkan Tindakan Tegas
Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen/Net
rmol news logo Pemerintah China dengan tegas menentang rencana pertemuan Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy, memperingatkan akan adanya tindakan tegas jika itu terjadi.

Tsai berangkat pada Rabu (29/3) untuk melakukan perjalanan ke Amerika Tengah dan dijadwalkan transit melalui New York terlebih dahulu, lalu singgah ke Los Angeles saat dalam perjalanan pulang. Meskipun tidak dikonfirmasi secara resmi, dia diperkirakan akan bertemu dengan McCarthy saat berada di California, kata laporan media tersebut.

“Jika pemimpin regional Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy, itu akan menjadi provokasi yang secara serius melanggar prinsip satu China, merongrong kedaulatan China dan integritas teritorial serta merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata Zhu Fenglian, juru bicara Kantor Urusan Dewan Negara Taiwan pada Rabu, seperti dikutip dari Global Times, Kamis (30/3).

"Dan kami akan mengambil langkah tegas untuk melawan ini," tegasnya.

Menurut Zhu, jika pertemuan itu terjadi, Tsai berarti telah melakukan tindakan provokatif untuk mencari kemerdekaan dengan mengandalkan AS dan mencari peluang untuk menjual ide pemisahan diri Taiwan kepada komunitas internasional serta meminta dukungan dari pasukan anti-China di AS. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA