Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diduga Sengaja Tak Buka Sel Tahanan Imigran Saat Kebakaran, Delapan Orang jadi Tersangka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 30 Maret 2023, 12:04 WIB
Diduga Sengaja Tak Buka Sel Tahanan Imigran Saat Kebakaran, Delapan Orang jadi Tersangka
Korban imigan tewas yang diamankan telah dibungkus dengan aluminium foil di lokasi kebakaran di penampungan migran di Ciudad Juarez, Meksiko/Net
rmol news logo Puluhan imigran dilaporkan dikurung di dalam jeruji besi selama insiden kebakaran di Ciudad Juarez, Meksiko. Alhasil 40 orang dinyatakan meninggal.

Sebuah video yang tersebar di media sosial menunjukkan orang-orang menendang jeruji sel yang terkunci ketika api dan asap sudah ada di sekeliling pada Rabu (29/3).

Tiga orang berseragam kemudian terlihat berjalan melewati para imigran tanpa membukakan sel.

"Pintu sel tempat orang-orang ditahan tetap terkunci saat api dan asap menyebar. Baru setelah penyelamat tiba, pintu dibuka," kata para saksi yang terdiri dari penyintas, paramedis, dan pejabat keamanan pemerintah.

Menanggapi ada tindak kesengajaan itu Menteri Keamanan Meksiko, Rosa Icela Rodriguez mengatakan bahwa jaksa telah mengidentifikasi delapan orang yang kemungkinan bertanggung jawab atas kematian itu.

"Siapa yang tidak membiarkan orang-orang ini keluar? Jelas ada kejahatan serius," kata Menteri Keamanan Rosa Icela Rodriguez, seperti dimuat Reuters.

Menurutnya, penjaga yang bertugas berasal dari perusahaan keamanan swasta, sehingga kemungkinan tidak memiliki pelatihan yang cukup untuk dapat membuka pintu gerbang yang memuat puluhan imigran.

"Saat ini, jaksa telah menetapkan tersangka yang diduga bertanggung jawab, yaitu dua agen federal, seorang petugas migrasi negara bagian, serta lima anggota perusahaan keamanan swasta," tambahnya.

Meski begitu belum ada penangkapan yang dilakukan. Kantor kejaksaan sendiri akan mulai mengeluarkan surat perintah penangkapan pada Kamis (30/3). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA