Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vakum Lima Tahun, Burkina Faso Lanjutkan Hubungan Diplomatik dengan Korea Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 30 Maret 2023, 15:35 WIB
Vakum Lima Tahun, Burkina Faso Lanjutkan Hubungan Diplomatik dengan Korea Utara
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Burkina Faso berencana untuk melanjutkan hubungan diplomatik dengan Korea Utara setelah hubungan kedua negara sempat ditangguhkan pada 2017 lalu.

Diumumkan Kementerian Luar Negeri pada Rabu (29/3), rencana itu akan membuat kedua negara dapat melanjutkan kembali hubungan dan kerja sama yang sempat terhenti selama hampir lima tahun.

"Keputusan tersebut akan memungkinkan Korea Utara dan Burkina Faso untuk mempertahankan kerja sama bilateral yang patut dicontoh di beberapa bidang," kata Menteri Luar Negeri Olivia Rouamba, seperti dimuat Anadolu Agency.

Menurut Rouamba, kedua negara akan fokus pada kerja sama dalam bidang pertambangan, kesehatan, peralatan militer, pertanian hingga penelitian.

Pemerintah Burkina Faso sendiri telah menyetujui duta besar yang telah ditunjuk Korea Utara, Chae Hui Chol, yang akan bertempat tinggal di Dakar, Senegal.

"Di masa lalu, Burkina Faso telah mempertahankan hubungan yang sangat baik dengan negara ini, yang merupakan mitra istimewa selama Revolusi Agustus 1983," kata Rouamba.

Pemerintah Burkina Faso secara resmi memutuskan hubungan dengan Korea Utara pada 2017. Keputusan diambil karena ketentuan yang direkomendasikan PBB kepada semua negara anggota untuk memberikan sanksi atas program senjata nuklir Pyongyang.

Tetapi saat ini, negara yang tengah dilanda krisis keamanan itu, telah memutuskan untuk mendiversifikasi kemitraannya sebagai upaya untuk memperkuat negara dalam melawan terorisme.

Melalui hubungan diplomatik yang kembali dibuka dengan Korea Utara, Burkina Faso berharap dapat meningkatkan kerja sama, khususnya melalui peralatan militer Korea Utara yang canggih.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA