Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Virus Marburg Merebak, Arab Saudi dan Oman Larang Warganya ke Dua Negara Afrika Ini

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 31 Maret 2023, 18:36 WIB
Virus Marburg Merebak, Arab Saudi dan Oman Larang Warganya ke Dua Negara Afrika Ini
Ilustrasi/Net
Perjalanan menuju negara-negara Afrika seperti Guinea Khatulistiwa dan Tanzania saat ini tidak lagi dianjurkan oleh pemerintah Arab Saudi dan Oman, menyusul penyebaran virus Marburg di wilayah tersebut.

Otoritas Kesehatan Publik Arab Saudi (WEQAYA) pada Jumat (31/3) mengeluarkan rekomendasi agar warganya tidak melakukan perjalanan ke dua negara Afrika tersebut sampai penyakit dapat dikendalikan.

Sementara itu, bagi warga Saudi yang sudah berada di Guinea Khatulistiwa dan Tanzania, diimbau untuk mematuhi langkah-langkah pencegahan penyakit yang ditetapkan pemerintah setempat.

Di hari yang sama, Oman juga mengeluarkan peringatan yang meminta warganya agar tidak melakukan perjalanan ke kedua negara kecuali sangat diperlukan.

Mengutip Al Arabiya, korban tewas akibat wabah virus Marburg di Guinea Khatulistiwa telah mencapai sembilan orang. Sementara di Tanzania, lima orang meninggal dunia sejak pekan lalu.

Virus Marburg merupakan keluarga virus Ebola yang telah mendatangkan malapetaka berupa wabah di Afrika. Orang yang terjangkit virus Marburg akan mengalami demam parah yang seringkali disertai pendarahan dan kegagalan organ.

Virus itu diduga ditularkan dari kelelawar buah Afrika yang tidak sakit, namun membawa patogen dalam tubuhnya.

Saat ini tidak ada vaksin atau perawatan antiviral, tetapi perawatan potensial, termasuk produk darah, terapi imun dan terapi obat, serta calon vaksin awal sedang dievaluasi.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA