Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gabung SCO, Arab Saudi Terang-terangan Pilih China Dibanding Amerika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Sabtu, 01 April 2023, 05:08 WIB
Gabung SCO, Arab Saudi Terang-terangan Pilih China Dibanding Amerika
Raja Salman dari Arab Saudi/Net
rmol news logo Keputusan Arab Saudi untuk bergabung dengan Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) dianggap sebagai pembuktian bahwa Riyadh lebih memilih China dibandingkan Amerika Serikat (AS).

Beberapa hari lalu, Rabu (29/3), Arab Saudi telah sepakat untuk menjadi mitra dialog SCO, blok keamanan yang dipimpin Beijing.

Keputusan itu muncul setelah Raja Salman memimpin pertemuan kabinet pada Selasa (28/3), dengan menyetujui memorandum yang memberi Riyadh status mitra di SCO.

Bergabungnya Riyadh ke SCO sendiri sudah dibahas selama kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Arab Saudi pada Desember lalu.

Organisasi Kerjasama Shanghai didirikan pada tahun 2001 sebagai organisasi politik, ekonomi dan keamanan untuk menyaingi institusi Barat.

Anggotanya meliputi China, India, Pakistan, dan Rusia, serta empat negara Asia Tengah, yaitu Kazakhstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan, dan Tajikistan.

Sementara negara-negara lain dengan status pengamat atau mitra dialog seperti Arab Saudi termasuk Turki, Mesir, Iran, dan Qatar.

Langkah ini juga dilakukan Arab Saudi di tengah upaya untuk memulihkan hubungan dengan Iran yang dimediasi oleh China.

Alhasil, bergabungnya Arab Saudi dinilai telah secara  terang-terangan mendukung China, alih-alih AS.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA