Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi China, Sanchez Rayakan 50 Tahun Hubungan Spanyol-China Bersama Xi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 01 April 2023, 09:22 WIB
Kunjungi China, Sanchez Rayakan 50 Tahun Hubungan Spanyol-China Bersama Xi
Presiden Tiongkok Xi Jinping (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Beijing, 31 Maret 2023/Net
rmol news logo Topik perdamaian global dan kerja sama ekonomi dibahas selama pertemuan tatap muka antara Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Jumat (31/3) waktu Beijing.

Merayakan 50 tahun hubungan China-Spanyol, Xi dan Sanchez sepakat bahwa kedua negara harus tetap menjunjung tinggi multilateralisme, menjaga perdamaian dunia, dan mengatasi berbagai tantangan global melalui dialog dan kerja sama.

Xi dalam pernyataannya berharap agar Spanyol, yang akan mengambil alih jabatan presiden bergilir UE pada Juli, dapat memainkan peran positif dalam mempromosikan dialog dan kerja sama China-UE dalam semangat kemerdekaan, saling menghormati, dan saling menguntungkan.

"Perkembangan hubungan yang sehat antara China dan Uni Eropa mengharuskan UE untuk mematuhi kemerdekaan strategis," kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (1/4).

Dia mengatakan bahwa China dan UE memiliki banyak kesamaan: keduanya menjunjung tinggi tatanan internasional dan mengadvokasi penyelesaian sengketa internasional secara damai, sehingga kedua pihak dapat bekerja sama untuk mengatasi tantangan global.

Sanchez setuju bahwa dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan hanya melalui kerja sama dunia dapat menghadapi berbagai tantangan secara lebih efektif dan mendorong perdamaian dan pembangunan dunia.

Kedua belah pihak juga menyentuh krisis Ukraina, di mana Xi menegaskan posisi China.

“Diharapkan pihak terkait dapat membangun kerangka kerja keamanan Eropa yang seimbang, efektif, dan berkelanjutan melalui dialog dan konsultasi,” kata Xi.

Sanchez memperkenalkan sikap Spanyol tentang masalah ini dan berbicara positif tentang makalah posisi Ukraina 12 poin China, yang diterbitkan pada bulan Februari.

"Saya menghargai peran konstruktif China dalam penyelesaian politik krisis Ukraina," kata Sanchez.

Saat ini China menjadi mitra dagang terbesar Spanyol di luar UE, sementara Spanyol adalah mitra dagang terbesar keenam China di dalam UE.

Data resmi menunjukkan bahwa pada Februari 2022, total investasi Spanyol di China melampaui 3,8 miliar euro, dengan lebih dari 790 perusahaan didirikan di China, sementara perusahaan China menginvestasikan 16 miliar euro di Spanyol dari 2016 hingga 2020.  rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA