Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Retno Apresiasi Partisipasi Korsel dalam Pembangunan IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 01 April 2023, 12:42 WIB
Menlu Retno Apresiasi Partisipasi Korsel dalam Pembangunan IKN
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi berjabat tangan dengan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-Yeol pada Kamis, 30 Maret 2023/Twitter @Menlu_RI
rmol news logo Dalam kunjungan kehormatannya ke Korea Selatan. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, atas partisipasi negara tersebut dalam membantu pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal tersebut disampaikan Menlu Retno kepada Presiden Yoon, pada Kamis (30/3), saat ia melakukan kunjungan kerjanya selama 2,5 hari di Seoul, Korea Selatan (Korsel).

"Saya apresiasi minat besar Korea dan pengusahanya untuk melakukan kerjasama dalam pembangunan IKN, terutama di bidang smart cities dan water management," kata Retno, pada Jumat (31/3) malam dalam press briefingnya.

Seoul merupakan salah satu negara yang menunjukkan minatnya untuk berinvestasi pada penyediaan sistem air minum, dalam pembangunan kota cerdas IKN, yang sedang diupayakan pemerintah Indonesia.

Setelah kunjungannya, dalam cuitannya Menlu Retno menyampaikan terima kasih kepada Presiden Yoon atas komitmennya untuk terus memperkuat hubungan kerja sama ekonomi dengan Indonesia.

Selain IKN, menurut laporan hasil kunjungan kerjanya, Menlu Retno juga menyampaikan harapan agar Korsel dapat terus memperkuat kerja sama pembangunan ekosistem kendaraan berbasis baterai.

Ia juga mengajak Korsel untuk bergabung sebagai founder dari Global Blended Finance Alliance (GBFA) yang telah diluncurkan di sela-sela KTT G-20 di Bali, November yang lalu, yang ditujukan untuk memobilisasi sumber pendanaan untuk pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Di samping itu, Retno juga menyampaikan pentingnya sinergi antara the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dan strategi Indo-Pasifik Korsel untuk mewujudkan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

"Presiden Korea Selatan sampaikan dukungan penuh terhadap Keketuaan Indonesia, baik di ASEAN maupun di MIKTA, serta sinergi AOIP dan strategi Indo-Pasifik Korea Selatan dan berencana akan hadir dalam KTT ASEAN bulan September mendatang," tuturnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA