Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Ajak Guatemala Buka Hubungan dan Putus dengan Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 02 April 2023, 06:51 WIB
China Ajak Guatemala Buka Hubungan dan Putus dengan Taiwan
Jurubicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning/Net
rmol news logo China mendesak Guatemala untuk membuat pilihan yang tepat dengan membuka hubungan diplomatiknya dengan negara tersebut.

Hal itu disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, Jumat (31/3), setelah Guatemala menjadi satu-satunya negara di Amerika Tengah yang tidak memiliki hubungan dengan China

Seruan itu ditujukan setelah Honduras, negara tetangganya, baru-baru ini memilih membuka hubungan dengan China, dan memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan.

"Pembentukan hubungan diplomatik Honduras dengan China menunjukkan bahwa prinsip Satu China diakui secara universal dan mewakili aspirasi rakyat dan tren dunia, dan tidak ada kekuatan yang dapat menghalangi tren tersebut," kata Mao, dimuat People Daily, Sabtu (1/4).

Melalui prinsip Satu China, negara yang ingin menjalin hubungan diplomatik dengan negara itu tidak diperkenankan untuk membuka hubungannya dengan Taiwan.

Sejauh ini, Beijing mencatat 182 negara yang memiliki hubungan dengan negaranya, dan Guatemala masih menjadi negara yang memilih hubungan dengan Taiwan, yang sangat ditentang Beijing.

"Pengejaran separatis "kemerdekaan Taiwan" bertentangan dengan keinginan dan kepentingan bangsa China dan bertentangan dengan tren sejarah. Itu tidak akan mengarah ke mana pun," tambah juru bicara itu.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA