Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Keanggotaan Finlandia di NATO, Biden Sindir Putin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 05 April 2023, 11:11 WIB
Sambut Keanggotaan Finlandia di NATO, Biden Sindir Putin
Presiden Joe Biden dan Presiden Vladimir Putin/Net
rmol news logo Pemerintah Amerika Serikat resmi menyambut Finlandia sebagai anggota aliansi militer NATO ke-31 pada Selasa (4/4) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menyindir faktor agresi Moskow ke Ukraina dalam bergabungnya negara Nordik, Presiden AS Joe Biden dalam pidato sambutannya mencela Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Ketika Putin melancarkan perang agresi brutalnya terhadap rakyat Ukraina, dia pikir dia bisa memecah belah Eropa dan NATO. Dia salah," kata Biden, seperti dikutip dari AFP, Rabu (5/4).

Sementara itu, menjelang pertemuan dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Belgia, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut bergabungnya Finlandia sebagai hari bersejarah dan mengatakan itu sebagai bukti kegagalan Rusia.

"Saya tergoda untuk mengatakan ini, mungkin satu hal yang dapat kami ucapkan, terima kasih kepada Putin. Karena dia, sekali lagi di sini, telah memicu sesuatu yang dia klaim ingin dicegah," kata Blinken

Presiden AS mengatakan Eropa dan NATO lebih bersatu dari sebelumnya sambil berjanji untuk menjaga keamanan transatlantik dan mempertahankan setiap jengkal wilayah NATO bersama-sama.

Finlandia menjadi anggota NATO dalam waktu singkat, kurang dari satu tahun.

Sedangkan untuk Swedia, Biden mengatakan dia menantikan untuk menyambut mereka ke dalam NATO secepat mungkin. Dia lalu mendorong Turki dan Hongaria untuk menyelesaikan proses ratifikasi mereka tanpa penundaan.

Finlandia dan Swedia melamar keanggotaan NATO Mei lalu setelah invasi Rusia ke Ukraina. Keanggotaan mereka ditahan oleh Turki dan kemudian Hongaria karena berbagai alasan. Upaya lobi Amerika dan Eropa membantu menghapus veto Turki. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA