Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Absen Delapan Tahun, Iran Kembali Tunjuk Duta Besar Baru untuk UEA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 05 April 2023, 17:36 WIB
Setelah Absen Delapan Tahun, Iran Kembali Tunjuk Duta Besar Baru untuk UEA
Ilustrasi/Net
rmol news logo Dalam upaya penataan hubungan, untuk pertama kalinya dalam delapan tahun Iran menunjuk kembali duta besarnya untuk Uni Emirat Arab (UEA), pada Selasa (4/4).

Berdasarkan laporan yang dimuat Reuters, Reza Ameri dari Teheran dipercaya untuk mengisi posisi baru tersebut. Sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Jenderal kantor ekspatriat Iran di Kementerian Luar Negeri dan memiliki banyak pengalaman sebagai diplomat top untuk negaranya.

"Ameri juga pernah menjabat sebagai duta besar Iran untuk Aljazair, Sudan dan Eritrea," kata media pemerintah Iran.

Sementara Abu Dhabi telah lebih dulu mengirimkan duta besarnya pada September tahun lalu ke Teheran, setelah hubungan mereka berangsur pulih sejak Agustus.

Kedua negara telah menunjukkan sinyal dan minatnya untuk memperbaiki hubungannya dengan terlibat kembali dalam sektor bisnis dan perdagangannya, bahkan sejak 2019.

Pada 2016 lalu, sebelumnya hubungan kedua negara itu sempat putus dan menegang, setelah para pengunjuk rasa Iran menyerbu Kedutaan Besar Saudi di Teheran, karena keputusan Riyadh yang mengeksekusi ulama Syiah terkemuka, Sheikh Baqir al-Nimr. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA