Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Afrika Selatan Kecewa UEA Tolak Permintaan Ekstradisi Gupta Bersaudara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 08 April 2023, 06:56 WIB
Afrika Selatan Kecewa  UEA Tolak Permintaan Ekstradisi Gupta Bersaudara
Polisi saat menggrebek kediaman Rajesh Gupta/Net
rmol news logo Pengadilan Uni Emirat Arab telah menolak permohonan Pemerintah Afrika Selatan untuk mengekstradisi dua bersaudara Atul dan Rajesh Gupta, yang terlibat kasus skandal korupsi besar-besaran negara yang melibatkan mantan presiden Jacob Zuma.

Menteri Kehakiman Ronald Lamola mengatakan pada Jumat (7/4) bahwa pemerintah diberitahu pada Kamis malam tentang keputusan pengadilan tersebut.

"Kami terkejut dan kecewa mengetahui bahwa sidang ekstradisi diadakan di pengadilan Dubai pada 13 Februari 2023 dan permintaan ekstradisi kami ditolak," kata Lamola dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP.

Atul dan Rajesh Gupta merupakan  pengusaha tangguh asal India. Mereka menjalankan kerajaan bisnis keluarga yang sangat luas di Afrika selatan. Belakangan, mereka dituduh menjarah kas negara, dengan keterlibatan Zuma, selama sembilan tahun berkuasa dari 2009 hingga 2018.

Afrika Selatan mengajukan permintaan ekstradisi pada Juli, tak lama setelah mereka ditangkap di Dubai.

Mereka ditangkap setelah melarikan diri dari Afrika Selatan tak lama setelah pembentukan komisi pada 2018 yang dipimpin oleh Hakim Raymond Zondo untuk menyelidiki korupsi negara.

Kasus berpusat pada dugaan skema penipuan 25 juta rand (atau setara 1,6 juta dolar AS)  terkait dengan studi kelayakan pertanian. Zuma dan Gupta membantah semua kesalahan.

Menurut Lamola, pengadilan UEA menemukan bahwa mereka memiliki yurisdiksi atas tuduhan pencucian uang terhadap kedua bersaudara tersebut, karena pelanggaran tersebut dilakukan baik di negara tersebut maupun di Afrika Selatan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA