Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hafidz dan Hafidzah Muda Indonesia Raih Gelar Juara di Ajang MTQ MABIMS Brunei

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 08 April 2023, 12:24 WIB
Hafidz dan Hafidzah Muda Indonesia Raih Gelar Juara di Ajang MTQ MABIMS Brunei
Hafidz muda Muhammad Bagus Mashum dan Rahmiyatul Khairat meraih gelar juara di ajang MTQ Brunei Darussalam pada Jumat, 7 April 2023/KBRI Bandar Seri Begawan
rmol news logo Dengan suara emas yang dimiliki, hafidz dan hafidzah muda Indonesia berhasil memukau Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah dan keluar sebagai juara dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Peringkat Negara Anggota MABIMS.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hafidz muda dimaksud adalah Muhammad Bagus Mashum (16 tahun), dari Pesantren Ma'had Tahfiz Al-Qur’an Ibnu Ali Sidoarjo, berhasil menjadi juara pertama tahfidz Al-Quran kategori 30 Juz dan memperoleh hadiah 7.000 dolar Brunei atau Rp.78,66 juta.

Kedua, hafidzah muda bernama Rahmiyatul Khairat (15 tahun) dari Pesantren Ma'had Tahfidz Al Qur’an Daarut Taufiq Medan, mendapat gelar juara ketiga tahfidz Al-Qur’an kategori 10 Juz, dan memperoleh hadiah 2.000 dolar Brunei atau Rp. 22,47 juta.

Penghargaan dan hadiah tersebut diserahkan langsung oleh Sultan  Hassanal Bolkiah, dalam Acara Peringatan Nuzulul Qur’an, pada Jumat (7/8).

Sementara itu, perlombaan MTQ telah digelar sejak 5 hingga 6 April lalu, diikuti peserta dari Brunei, Indonesia dan Malaysia. Sedangkan Singapura tidak mengirimkan wakilnya dalam lomba tersebut.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Bandar Seri Begawan, Irwan Iding yang mengawal hafidz dan hafidzah Indonesia dalam perlombaan tersebut, mengaku bangga dengan pencapaian mereka.

"Sangat membanggakan hafidz dan hafidzah muda Indonesia sebagai peserta Musabaqah MABIMS tahun ini, mengingat pertanyaan-pertanyaan para Juri Musabaqah sangat detail, utamanya terkait pemahaman dari beberapa Juz Al-Qur’an yang menjadi pilihan random semua peserta," ujarnya.

Tahun ini adalah tahun ke-7 penyelenggaraan MTQ Peringkat Negara Anggota MABIMS, yang selama ini diadakan setiap dua tahun sekali di Brunei.
 
Musabaqah tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Hal Ehwal Ugama Negara (Kementerian Agama) Brunei Darussalam, melalui Pusat Pengajian dan Penyebaran Al-Quran MABIMS. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA