Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dianggap Lalai, Kepala Badan Imigrasi Meksiko akan Didakwa atas Kebakaran yang Tewaskan 40 Migran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 12 April 2023, 20:15 WIB
Dianggap Lalai, Kepala Badan Imigrasi Meksiko akan Didakwa atas Kebakaran yang Tewaskan 40 Migran
Petugas terlihat pergi dan tidak membebaskan para migran ketika asap mengepul di dalam pusat penahanan migran, Ciudad Juarez, Meksiko/Net
rmol news logo Di tengah penyelidikan yang masih terus berlangsung mengenai kebakaran yang menewaskan puluhan migran di Meksiko, kepala badan imigrasi negara itu dikabarkan akan menghadapi tuntutan pidana atas insiden tersebut.

Dalam pernyataan Kantor Kejaksaan Agung federal, Kepala Institut Imigrasi Nasional Francisco Garduno dianggap lalai karena tidak mencegah kebakaran, dan membiarkan sel migran terkunci.

"Kasus itu menunjukkan pola yang tidak bertanggung jawab. Beberapa petugas imigrasi lainnya juga akan menghadapi tuduhan serupa karena gagal menjalankan tugas mereka," kata Jaksa Agung negara itu.

Dimuat SKY News, Rabu (12/4), jaksa tidak menjelaskan dakwaan spesifik atau mengidentifikasi para pejabat tersebut.

Kebakaran di fasilitas di Ciudad Juarez, dekat El Paso di Texas bulan lalu terjadi setelah seorang migran diduga membakar kasur busa sebagai protes terhadap rencana pemindahan atau deportasi para migran.

Sebuah video dari kamera keamanan di dalam fasilitas tersebut menunjukkan penjaga berjalan pergi ketika api di dalam sel menahan para migran dan tampaknya tidak berusaha untuk melepaskan mereka.

Akibat insiden tersebut, sekitar 40 migran meninggal dunia, dan menjadi sorotan besar dari masyarakat internasional.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA