Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Pimpin DK PBB, Presiden Swiss Janji Perjuangkan Hak Korban Kekerasan di Republik Kongo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 14 April 2023, 12:26 WIB
Jelang Pimpin DK PBB, Presiden Swiss Janji Perjuangkan Hak Korban Kekerasan di Republik Kongo
Presiden Swiss, Alain Berset selama konferensi pers bersama rekannya, Presiden Felix Tshisekedi di Kinshasa pada Kamis, 13 April 2023/Net
rmol news logo Jelang Kepemimpinan Swiss di Dewan Keamanan PBB pada Mei 2023 mendatang, Presiden Alain Berset menyampaikan komitmennya untuk memperjuangkan hak dan keadilan bagi korban kekerasan di wilayah Republik Demokratik Kongo.

Ia mengutarakan janjinya selama kunjungan ke wilayah yang telah dilanda kekerasan dan serangan bersenjata selama berpuluh-puluh tahun.

"Kami ingin fokus pada mereka yang menjadi korban pertama ketidakamanan," KATA Berset, selama konferensi pers bersama rekannya, Presiden Felix Tshisekedi, seperti dikutip dari African News pada Jumat (14/4).

Berset menjelaskan bahwa Swiss akan menggunakan pendekatan perdamaian dan menjunjung tinggi netralitas.

Oleh sebab itu, presidensi Swiss di DK PBB nanti akan membantu Republik Kongo dalam mendorong proses perdamaian, mediasi dan dialog bersama pihak-pihak berkonflik.

Selama kunjungannya, Berset sempat bertandang ke kamp pengungsi di Goma, ibu kota provinsi Kivu Utara, tempat pemberontakan M23 yang menyebabkan ratusan ribu orang mengungsi sejak akhir 2021.

Di Bukavu, di provinsi tetangga Kivu Selatan, dia juga bertemu dengan seorang dokter terkenal dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Denis Mukwege. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA