Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bentrokan Geng di Penjara Guayaquil Ekuador Bunuh 12 Napi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 16 April 2023, 09:38 WIB
Bentrokan Geng di Penjara Guayaquil Ekuador Bunuh 12 Napi
Anggota militer menjaga bagian luar penjara Guayas 1 di Guayaquil, Ekuador, pada Sabtu, 15 April 2023/Net
rmol news logo Kekerasan yang terjadi di penjara Ekuador kembali memakan korban. Sedikitnya 12 narapidana ditemukan tewas dalam penjara setelah terjadi bentrokan antar geng di penjara La Penitenciaría, kota Guayaquil.

Menurut lembaga penjara SNAI, kekerasan itu terjadi pada Sabtu (15/4), di penjara yang dikenal sebagai sebagai kurungan yang paling berbahaya dan sadis di Ekuador.

"Melalui pemanfaatan teknologi, ditetapkan 12 orang meninggal dunia,” kata SNAI, seperti dimuat Al Arabiya.

SNAI mengatakan kantor kejaksaan dan polisi sudah berada di penjara untuk mengidentifikasi mayat.

Sejak 2021 lalu, Ekuador dilanda gelombang aksi kekerasan di dalam penjara yang dipicu oleh persaingan antara geng narkoba untuk memperebutkan wilayah dan kendali.

Hingga kini, kekerasan itu telah menewaskan ratusan narapidana. Bentrokan pekan lalu mengakibatkan kematian pada tiga petugas penjara wanita di luar penjara di Guayaquil. Kemudian minggu ini, enam tahanan ditemukan digantung di salah satu bangsal penjara La Penitenciaría.

Presiden Ekuador Guillermo Lasso = tengah berjuang untuk mengatasi kekerasan yang meningkat di Ekuador, negara yang digunakan sebagai titik transit kokain ke Eropa dan Amerika Serikat.

Awal bulan ini, pemerintah Ekuador  mengizinkan penggunaan senjata api dan semprotan merica oleh warga sipil, dengan alasan meningkatnya ketidakamanan di negara Amerika Selatan itu.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA