Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Spesies Nyamuk Anopheles Stephens Sebabkan Malaria di Ghana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 16 April 2023, 15:09 WIB
Spesies Nyamuk Anopheles Stephens Sebabkan Malaria di Ghana
Spesies nyamuk Anopheles Stephens/Net
rmol news logo Spesies nyamuk Anopheles Stephens dilaporkan telah menularkan penyakit malaria untuk pertama kalinya di Ghana.

Layanan Kesehatan Ghana (GHS) menyebut temuan itu terungkap setelah pihaknya melakukan pengawasan rutin penyakit Malaria secara nasional.

"Anopheles stephensi sebagai vektor malaria unik, yang berkembang biak di kolam, rawa, dan semua tempat perkembangbiakan tradisional Anopheles biasa," ungkap GHS, seperti dikutip dari Xinhua pada Minggu (16/4).

Menurut GHS, nyamuk Anopheles hanya dapat bertahan dalam suhu yang sangat tinggi, terutama selama musim kemarau ketika kasus penularan malaria biasanya menurun.

Merespon perkembangan sumber baru malaria tersebut, GHS akhirnya membentuk gugus tugas untuk memberi nasihat dan mengoordinasikan pengendalian malaria oleh nyamuk Anopheles.

Pada Kamis (13/4), Otoritas Makanan dan Obat-obatan Ghana telah setuju untuk menerima vaksin malaria R21 Universitas Oxford untuk melindungi anak-anak berusia 5-36 bulan dari penyakit mematikan itu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), nyamuk Anopheles awalnya berasal dari bagian Asia Selatan dan Semenanjung Arab dan telah terdeteksi di lima negara di Afrika selama satu dekade terakhir.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA