Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Sabtu, Arab Saudi Umumkan Idulfitri Jatuh pada Jumat 21 April 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 21 April 2023, 06:40 WIB
Bukan Sabtu, Arab Saudi Umumkan Idulfitri Jatuh pada Jumat 21 April 2023
Pemerintah Arab Saudi mengumumkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Jumat (21/4)/Net
rmol news logo Hari pertama Idulfitri atau 1 Syawal 1444 Hijriah di Arab Saudi jatuh pada hari ini, Jumat (21/4). Keputusan ini diambil setelah sejumlah ahli menyatakan telah melihat hilal.

Seperti dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), pengumuman Idul Fitri 1444 H di Arab Saudi disampaikan oleh Mahkamah Agung Arab Saudi pada Kamis malam (20/4).

Pihak Kerajaan Arab Saudi sebelumnya memperkirakan 1 Syawal 1444 H akan jatuh pada Sabtu (22/4). Perkiraan ini muncul karena hilal yang secara teknis sudah muncul pada Kamis malam akan sulit terlihat oleh mata telanjang.

"Bulan akan sangat mudah dilihat dengan mata telanjang jika langit cerah, pada Jumat malam," kata Majid Abu Zahra dari Jeddah Astronomical Society, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Selasa (18/4).

Namun, keraguan itu akhirnya terjawab setelah para ahli sepakat telah melihat hilal usai berkumpul di observatorium astronomi Sudair dan Tamir di Arab Saudi. Mereka memantau hadirnya bulan baru sejak pukul 17.00 waktu setempat.

Menyusul keputusan tersebut, Kementerian Urusan Islam Arab Saudi menyebut sebanyak 20.700 masjid dan area shalat sudah disiapkan untuk menggelar shalat Id. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA