Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temui Biden, Presiden Kolombia Desak Pencabutan Sanksi Venezuela

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 22 April 2023, 15:30 WIB
Temui Biden, Presiden Kolombia Desak Pencabutan Sanksi Venezuela
Presiden Kolombia, Gustavo Petro dan Presiden Joe Biden di Oval Office Gedung Putih di Washington, AS pads Jumat, 21 April 2023/Net
rmol news logo Sebagai mitra dekat, Kolombia berusaha keras untuk mendorong agar mitranya, Venezuela, mampu keluar dari krisis ekonomi yang menjerat negara Amerika Latin itu dalam beberapa tahun terakhir.

Presiden Kolombia Gustavo Petro mencoba untuk mendiskusikan pencabutan sanksi ekonomi Venezuela dengan mitra besarnya, Amerika Serikat.

Selama pertemuan dengan Presiden Joe Biden pada Jumat (21/4), Petro menceritakan bagaimana dirinya tengah berupaya membantu penyelesaian krisis Venezuela dengan terus berkomunikasi bersama Presiden Nicolas Maduro. Tetapi upaya itu terhambat oleh sanksi yang diberikan Barat.

Sehingga Petro mendesak agar AS bersedia mencabut sanksi ekonomi Venezuela dengan jaminan pemulihan demokrasi.

"Sebuah strategi telah diusulkan, yaitu menggelar pemilu terlebih dahulu baru kemudian mencabut sanksi. Atau secara bertahap saat agenda pemilu terpenuhi, sanksi tersebut juga dicabut secara paralel," kata Petro, seperti dikutip dari Manila Times pada Sabtu (22/4).

Melalui Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby, Washington mendukung pencabutan sanksi untuk demokrasi yang diusulkan Petro.

"Kami sudah lama menegaskan bahwa kami akan meninjau kebijakan sanksi kami sebagai tanggapan atas langkah-langkah konstruktif rezim Maduro dan jika partai-partai Venezuela dapat membuat kemajuan yang berarti sebagai imbalan atas demokrasi," ujarnya.

Menindaklanjuti inisiasi tersebut,  Bidan dan Petro akan membahas konferensi tentang Venezuela yang diselenggarakan oleh Kolombia pekan depan, bersama dengan menteri luar negeri dari Eropa, Amerika Latin, dan AS. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA