Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berseragam Militer, Kelompok Bersenjata Bunuh 60 Warga Sipil di Burkina Faso

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 24 April 2023, 19:18 WIB
Berseragam Militer, Kelompok Bersenjata Bunuh 60 Warga Sipil di Burkina Faso
Angkatan bersenjata Burkina Faso/Net
rmol news logo Serangan bersenjata yang menargetkan warga sipil Burkina Faso kembali terjadi di wilayah dekat perbatasan Mali yang merupakan sarang bagi kelompok pemberontak jihadis.

Laporan terbaru yang rilis DAWN pada Senin (24/4), menyebut sebanyak 60 warga tewas telah diserang oleh sekolompok pria bersenjata yang mengenakan seragam tentara nasional di desa Karma, provinsi Yatenga utara.

Berdasarkan kesaksian warga yang selamat, Jaksa Pengadilan Tinggi Ouahigouya, Lamine Kabore menyebut aksi penyerangan desa Karma dilakukan oleh 100 orang yang datang dengan sepeda motor dan truk pick-up.

Kabore mengatakan para pemuda di sana telah dibunuh oleh gerombolan pria yang mengenakan seragam angkatan bersenjata nasional Burkina Faso.

"Sekitar 60 orang dibunuh oleh orang-orang yang mengenakan seragam angkatan bersenjata nasional kami," ungkap Kabore.

Selain itu, Kabore mengungkap bahwa pelaku penyerangan juga melakukan penjarahan di desa Karma yang jaraknya dekat dengan perbatasan Mali tersebut. Sementara korban terluka telah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Pertumpahan darah terbaru terjadi hanya sepekan setelah 34 sukarelawan pertahanan dan enam tentara tewas dalam serangan militan di dekat desa Aorema, sekitar 15 kilometer dari ibu kota provinsi Ouahigouya dan 40 km dari Karma.

Menyusul serangan itu, junta militer Burkina Faso memutuskan untuk mengerahkan mobilisasi militer, di mana negara akan merekrut 5.000 tentara lagi untuk memerangi pemberontakan yang telah mencengkeram negara itu sejak 2015.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA