Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Melenceng dari Jalur, Roket Swedia Mendarat di Norwegia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 26 April 2023, 08:26 WIB
Melenceng dari Jalur, Roket Swedia Mendarat di Norwegia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Peluncuran roket yang diluncurkan oleh Perusahaan Luar Angkasa Swedia (SSC) dilaporkan menyimpang dari jalurnya dan mendarat di pegunungan negara tetangga, Norwegia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Otoritas Norwegia melaporkan, muatan roket telah ditemukan dan diangkut kembali ke lokasi peluncuran Swedia. Tidak ada korban luka yang dilaporkan dan penyelidikan sedang berlangsung, seperti dilaporkan RT, Selasa (25/4).

Roket TEXUS-58 meluncur dari Esrange Space Center di Swedia utara pada Senin pagi (24/4) waktu setempat.

SSC dalam pernyataannya mengatakan roket tersebut menyelesaikan penerbangan 15 kilometer ke Norwegia, sekitar 40 kilometer barat laut dari lokasi pendaratan yang direncanakan.

“Itu mendarat di pegunungan pada ketinggian 1.000 meter, dan sepuluh kilometer dari pemukiman terdekat,” kata juru bicara SSC Philip Ohlsson kepada Reuters.

SSC mengatakan bahwa mereka menghubungi pihak berwenang Swedia dan Norwegia tak lama setelah benda itu mendarat. Mereka mengakui bahwa itu merupakan penyimpangan serius dan akan menyelidiki mengapa roket terbang lebih jauh ke barat laut.

Marko Kohberg, kepala operasi roket dan balon di Esrange mengatakan, saat ini masih terlalu dini untuk berspekulasi.

Roket yang diterbangkan Senin adalah bagian dari program yang ditugaskan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA), dan terbang ke ketinggian 250 kilometer dengan tiga percobaan gayaberat mikro di dalamnya.

Dua percobaan, VIPer dan Perwaves, terkait dengan penelitian "transisi hijau" , sedangkan percobaan ketiga, dijuluki ICAPS, menyelidiki proses pembentukan planet. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA