Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angka Kematian Menurun 95 Persen, WHO Tetap Minta Dunia Waspadai Efek Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 27 April 2023, 11:15 WIB
Angka Kematian Menurun 95 Persen, WHO Tetap Minta Dunia Waspadai Efek Covid-19
Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus/Net
rmol news logo Laporan yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (26/4) menyebutkan bahwa kematian akibat Covid-19 mengalami penurunan sebanyak 95 persen sejak awal tahun 2023.

Meskipun demikian, WHO tetap mengingatkan virus mematikan itu masih bergerak dan negara-negara harus belajar bagaimana mengelola efek non-darurat yang sedang berlangsung, termasuk kondisi pasca-Covid-19, long-Covid.

"Kami sangat terdorong oleh penurunan berkelanjutan dalam laporan kematian akibat Covid-19, yang telah turun 95 persen sejak awal tahun ini," kata Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers, seperti dikutip dari AFP, Kamis (27/4).

"Namun, beberapa negara mengalami peningkatan, dan selama empat minggu terakhir, 14.000 orang kehilangan nyawa karena penyakit ini," katanya.

Ia menambahkan, kemunculan varian baru XBB.1.16 menggambarkan bahwa virus masih terus berubah, dan masih mampu menimbulkan gelombang baru penyakit dan kematian.

"Virus ini akan tetap ada, dan semua negara perlu belajar mengelolanya bersamaan dengan penyakit menular lainnya," katanya.

Tedros menambahkan bahwa diperkirakan satu dari sepuluh infeksi mengakibatkan Long Covid. Ini, katanya, menunjukkan bahwa ratusan juta orang membutuhkan perawatan jangka panjang.

Dia mengatakan, bagaimanapun, bahwa WHO tetap berharap dapat mendeklarasikan berakhirnya Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, ketika komite penasehatnya bersidang bulan depan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA