Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ukraina Minta Bantuan Paus Fransiskus Pulangkan Anak-anak yang Dibawa Paksa Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 28 April 2023, 09:45 WIB
Ukraina Minta Bantuan Paus Fransiskus Pulangkan Anak-anak yang Dibawa Paksa Rusia
Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal dan Paus Vatikan, Paus Fransiskus/Net
rmol news logo Upaya Ukraina untuk membawa pulang anak-anak korban perang dari Rusia terus dilakukan. Salah satunya dengan menarik dukungan banyak negara dan pihak, termasuk Paus Fransiskus dari Vatikan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Baru-baru ini, Kyiv meminta bantuan Paus yang sudah mengutuk invasi Moskow selama setahun terakhir. Permintaan tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal ketika melakukan kunjungan ke Vatikan dan bertemu Paus pada Kamis (27/4).

Shmyhal menyampaikan keinginan Kyiv agar Paus bersedia membantu mereka mendapatkan kembali anak-anak yang telah dipindahkan secara paksa oleh Rusia.

"Saya meminta bantuan Vatikan dan Bapa Suci untuk mendapatkan kembali anak-anak yang diambil secara paksa oleh Rusia,” kata Shmyhal dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat The Carlotte Observer.

Ia juga mengundang Paus datang berkunjung ke Ukraina untuk mendiskusikan berbagai hal berkaitan dengan kerjasama kemanusiaan dan upaya perdamaian.

Paus telah berulang kali mencela invasi Rusia di Ukraina. Dia sempat menyatakan keinginannya untuk mengunjungi Ukraina dan Rusia dalam upaya meningkatkan prospek perdamaian.

Bulan lalu, Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin dan komisaris anak-anak Rusia. Mereka diduga melakukan kejahatan perang karena menculik anak-anak dari Ukraina.

Rusia membantah melakukan kesalahan, mereka mengklaim bahwa anak-anak dipindahkan ke tempat yang aman demi keselamatan mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA