Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berusaha Menyeberang ke Eropa, Puluhan Imigran Ilegal Ditangkap di Libya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 28 April 2023, 10:50 WIB
Berusaha Menyeberang ke Eropa, Puluhan Imigran Ilegal Ditangkap di Libya
Aparat Keamanan Libya yang berhasil menangkap 21 migran ilegal di pantai Garrabulli pada Kamis, 27 April 2023/Net
rmol news logo Puluhan imigran ilegal dari berbagai negara di kawasan Asia dan Afrika gagal mencapai Eropa setelah upaya mereka diketahui aparat keamanan Libya di pantai Garrabulli pada Kamis (27/4).

Departemen Operasi Khusus Kementerian Dalam Negeri Libya mengatakan, petugas patrolinya berhasil mencegah operasi imigrasi ilegal dan menangkap puluhan tersangka di sebuah rumah tersembunyi di Garrabulli.

"Setelah pencarian dan investigasi, petugas patroli berhasil menggagalkan operasi imigrasi ilegal dan menangkap 21 imigran di sebuah rumah tempat operasi terlarang mereka," bunyi pernyataan tersebut, seperti dimuat Xinhua.

Dari 21 imigran yang ditangkap, masing-masing diketahui berasal dari negara Bangladesh, Pakistan, Mesir, dan India.

Pada Selasa (25/4), Penjaga Pantai Libya telah menyelamatkan 61 imigran ilegal di lepas pantai Garrabulli dan menemukan 11 mayat, termasuk seorang anak di antaranya.

Libya kerap menjadi rute pilihan bagi para imigran, kebanyakan dari kawasan Afrika yang ingin menuju ke Eropa dengan menyeberangi lautan Mediterania.

Menurut Organisasi Migrasi Internasional, sepanjang tahun 2023 telah ada 4.335 imigran ilegal yang berhasil dicegat atau diselamatkan oleh otoritas Libya.

Sementara 310 imigran tewas dan 227 lainnya hilang saat mencoba menyebarang ke Eropa lewat rute mediterania yang sangat berbahaya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA