Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Covid-19 Melonjak, PM Thailand Desak Warga Suntik Vaksin Booster

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 28 April 2023, 12:06 WIB
Covid-19 Melonjak, PM Thailand Desak Warga Suntik Vaksin Booster
Ilustrasi/Net
rmol news logo Lonjakan kasus Covid-19 di Thailand membuat Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha khawatir. Ia mendesak warga, khususnya kelompok rentan, untuk mendapatkan dosis vaksin booster.

"Perdana Menteri telah mengikuti situasi pandemi Covid-19 dan memerintahkan Kementerian Kesehatan Masyarakat untuk terus menilai situasi serta memantau dengan cermat penyebaran subvarian XBB.1.16,” kata jurubicara pemerintah Anucha Burapachaisri pada Rabu (26/4), seperti dimuat Channel News Asia.

Berdasarkan data dari Departemen Pengendalian Penyakit (DDC), terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama dan setelah liburan panjang Songkran Thailand dua minggu lalu.

Antara 9 hingga 15 April, departemen tersebut melaporkan 435 kasus baru sebelum jumlahnya melonjak menjadi 1.088 pada minggu berikutnya. Peningkatan tersebut diperkirakan akan berlanjut selama 1-2 minggu ke depan.

Menurut Anucha, penyebaran Covid-19 lazim di kota-kota besar dengan kepadatan penduduk yang tinggi seperti Bangkok, Phuket, Chiang Mai dan Chonburi. Ia menuturkan sebagian besar kasus ditularkan di antara keluarga dan pertemuan besar.

"Kementerian Kesehatan memperkirakan penyebaran Covid-19 akan meningkat pada musim hujan. Kementerian telah meninjau rekomendasi tentang vaksinasi, menjadikannya praktik tahunan. Kami ingin meminta masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19 tahunan sebelum musim hujan dimulai," jelas Anucha.

Nantinya, warga diminta untuk mendapatkan satu dosis vaksin Covid-19 per tahun dan vaksin harus diberikan setidaknya tiga bulan setelah dosis sebelumnya atau infeksi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA