Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suhu Panas Melanda Spanyol Hingga 39 Derajat, Banyak Desa Alami Kekeringan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 29 April 2023, 08:00 WIB
Suhu Panas Melanda Spanyol Hingga 39 Derajat, Banyak Desa Alami Kekeringan
Termometer jalanan menandai 38 derajat Celcius di kota Cordoba, Andalusia/Net
rmol news logo Udara panas yang terasa di sejumlah belahan dunia juga terjadi di Spanyol. Pada Kamis, badan meteorologi negara itu bahkan mencatat suhu daratan terpanas hingga menyentuh angka 38,8 derajat celsius.

The National melaporkan Jumat (28/4), badan cuaca negara bagian AEMET mengatakan, angka yang dicapai di Bandara Cordoba di Spanyol selatan diperkirakan menjadi rekor suhu di daratan Spanyol untuk bulan April.

Rekor suhu tinggi sebelumnya di daratan Spanyol terjadi pada 2011 di timur kota Elche ketika merkuri mencapai 38,6 derajat celsius.

Suhu tertinggi untuk seluruh Spanyol pada April tercatat pada 2013 di Kepulauan Canary di lepas pantai barat laut Afrika ketika merkuri mencapai 40,2 derajat celsius.

Spanyol dan negara tetangga Portugal dilanda gelombang panas awal yang tidak biasa, didorong oleh massa udara yang sangat panas dan kering yang berasal dari Afrika.

Merkuri mencapai 32 derajat celsius tepat setelah tengah hari pada Jumat di Cordoba dan pusat kota Ciudad Real. Suhu diperkirakan akan mereda selama akhir pekan.

Munculnya suhu yang sangat panas telah memicu peringatan tentang risiko tinggi kebakaran hutan dan kondisi kekeringan yang memburuk yang menyebabkan beberapa petani tidak menanam benih tahun ini.

Prakiraan cuaca jarak jauh menunjukkan Spanyol dan bagian lain Eropa Barat akan terus menghadapi suhu hangat yang tidak biasa bulan depan.

Eropa telah menghadapi kekeringan terburuk dalam beberapa abad tahun lalu dan mengalami periode tanpa hujan yang berkepanjangan selama musim dingin, yang merupakan rekor terpanas kedua.

“Tanah yang sangat kering diamati di seluruh Iberia, dengan wilayah tersebut berada di bawah peringatan kekeringan yang meluas,” kata Andrew Pedrini, seorang ahli meteorologi di Atmospheric G2.

"Suhu yang lebih hangat dan kurangnya curah hujan dapat memperburuk kondisi kekeringan di sana selama beberapa minggu ke depan," ujarnya.

Panas yang berkepanjangan dapat menimbulkan ujian bagi pemerintah, utilitas, dan pertanian, dengan sekitar 60 persen pedesaan Spanyol sudah dilanda kekeringan pada pertengahan April.

Eropa Selatan merupakan penghasil utama komoditi buah dan sayuran, dan panen yang lebih rendah dapat memperburuk inflasi harga pangan di kawasan itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA