Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sampaikan Dukungan Secara Langsung, Presiden Ceko dan Slovakia Berkunjung ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 29 April 2023, 18:07 WIB
Sampaikan Dukungan Secara Langsung, Presiden Ceko dan Slovakia Berkunjung ke Ukraina
Presiden Slovakia, Zuzana Chaputova dan Presiden Republik Ceko, Petr Pavel saat berkunjung ke Borodyanka, Ukraina pada Jumat, 28 April 2023/Radio Moldova
rmol news logo Dua pemimpin negara dari Republik Ceko dan Slovakia berkunjung ke Ukraina untuk menyampaikan dukungannya pada Jumat (28/4).

Kunjungan oleh Presiden Republik Ceko Petr Pavel merupakan kunjungan pertama yang ia lakukan sejak Rusia menginvasi Ukraina, tetapi menjadi kunjungan kedua bagi Presiden Slovakia Zuzana Chaputova.

Berdasarkan laporan yang dimuat Kyiv Post, kedua pemimpin negara itu berkunjung ke Borodyanka, salah satu wilayah Kyiv yang hancur karena serangan Rusia, dan akan bertemu dengan  Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Kami mendukung rakyat Ukraina dalam perang melawan agresor, mereka membela apa yang menjadi milik bersama. Oleh karena itu, kami akan bersama mereka," tegas Pavel dalam pernyataanya di Twitter.

Sementara Presiden Chaputova juga menyampaikan dukungan serupa, ia menandai perjalanan bersama itu sebagai  era baru dari hubungan antar ketiga negara.

"Hari ini kita bersama-sama membawa simbol saling menghormati, persahabatan, dan kemitraan ini ke Kyiv. Pesan kami jelas: kita terhubung dengan Ukraina tidak hanya oleh perbatasan dan masa lalu yang sama, tetapi juga oleh masa depan yang sama," ujarnya.

Dalam kunjungannya itu, Presiden Slovakia yang telah berkunjung selama dua kali ke Kyiv menyampaikan kebahagiaannya bahwa ia bisa kembali ke negara itu untuk menyampaikan dukungannya kepada Ukraina, yang saat ini masih menghadapi serangan dari Rusia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA