Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Operasi Repatriasi Tahap 2, RI Berhasil Pulangkan 75 WNI dari Sudan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 01 Mei 2023, 18:16 WIB
Operasi Repatriasi Tahap 2, RI Berhasil Pulangkan 75 WNI dari Sudan
Puluhan WNI dari Sudan telah tiba di Indonesia dalam operasi evakuasi ketiga pada Senin, 1 Mei 2023/Ist
rmol news logo Pemerintah Indonesia kembali melakukan evakuasi terhadap WNI yang berada di Sudan. Kali ini sebanyak 75 WNI berhasil diselamatkan dan dipulangkan kembali ke tanah air, pada Senin (1/5).

Evakuasi yang menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara berhasil dilakukan, dengan sebagian besar masyarakat yang dievakuasi merupakan para pelajar dan tiga anggota Palang Merah Indonesia (PMI).

Menurut siaran pers yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri, sejauh ini pemerintah telah memulangkan sekitar 823 orang dalam tiga penerbangan repatriasi yang dilakukan sejak akhir April kemarin.

“WNI yang telah dipulangkan ke tanah air akan menginap di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, untuk penanganan lebih lanjut oleh Kementerian atau Lembaga terkait, sebelum mereka dipulangkan ke daerah asalnya,” tulis Kemlu dalam siaran persnya.

Atas upaya pemulangan yang berhasil itu, Kementerian Luar Negeri turut mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung operasi penyelamatan WNI di negara yang tengah berkonflik itu.

Dengan meningkatnya eskalasi perang antara tentara dan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) yang telah memasuki minggu ketiga itu, kini sekitar 528 orang di Sudan tercatat telah meninggal dunia dan lebih dari 4.500 lainnya mengalami luka-luka.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA