Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Rwanda, 129 Orang Tewas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 04 Mei 2023, 13:51 WIB
Banjir dan Tanah Longsor Terjang Rwanda, 129 Orang Tewas
Kondisi di Rwanda Barat setelah banjir menerjang wilayah tersebut pada Rabu, 3 Mei 2023/AP
rmol news logo Banjir dan tanah longsor yang dipicu hujan lebat menerjang sebagian besar wilayah Rwanda, dan menewaskan sedikitnya 129 orang pada Rabu (3/5).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Di tengah upaya penyelamatan yang masih terus berlangsung, korban tewas diperkirakan akan terus bertambah di provinsi barat, utara, dan selatan. Lantaran cuaca ekstrem masih terus terjadi di sepanjang malam.

"Intervensi penyelamatan sedang berlangsung di distrik yang paling terkena dampak untuk mengamankan warga," kata pernyataan dari kantor kepresidenan.

Beberapa akses jalanan dikabarkan ditutup karena tidak dapat digunakan. Menurut Badan Meteorologi Rwanda, cuaca buruk masih akan terus berlangsung di negaranya, dengan curah hujan tertinggi akan terjadi di awal bulan Mei ini.

"Pada 10 hari pertama bulan Mei akan lebih basah dari biasanya dengan curah hujan yang meningkat dibandingkan dengan April," ujar badan perkiraan cuaca negara itu, dimuat CNN.

Menurut Kementerian Penanggung Jawab Manajemen Darurat (MINEMA) Pemerintah Rwanda, sejak Januari hingga April kemarin, lebih dari 60 orang tercatat telah meninggal dunia akibat bencana yang terkait cuaca buruk, dengan sekitar 1.205 rumah dan 5.000 hektar tanah di seluruh negeri telah hancur.

Untuk itu, pemerintah Rwanda sebelumnya telah meminta masyarakat yang tinggal di kawasan rawan banjir dan longsor agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman, untuk menghadapi cuaca buruk yang diperkirakan terus terjadi pada bulan ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA