Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wabah Flu Burung Serang Ceko, 15 Ribu Kalkun Terpaksa Dimusnahkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 04 Mei 2023, 18:29 WIB
Wabah Flu Burung Serang Ceko, 15 Ribu Kalkun Terpaksa Dimusnahkan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Belasan ribu kalkun di sebuah peternakan di Republik Ceko terpaksa dimusnahkan karena sudah terdampak wabah flu burung varian H5N1.

Menurut Administrasi Hewan Negara (SVS) pada Kamis (4/5), peternakan kalkun komersial di kota Rychvald akan membunuh 15.192 kalkun setelah hasil sampel menunjukkan adanya penularan.

"Pemeriksaan sampel kalkun yang diambil oleh inspektur hewan dari peternakan mengkonfirmasi flu burung yang sangat patogen dari subtipe H5N1," kata SVS, seperti dimuat Xinhua.

SVS mengatakan telah ada 250 kalkun yang dimusnahkan lebih dulu, sementara sisanya diperkirakan akan akan selesai dalam waktu 2 hari.

Selain peternakan kalkun di kota Rychvald, terdapat dua peternakan lain yang terkena dampak flu burung dan saat ini tengah ditangani secara intensif oleh dokter hewan untuk mencegah penyebaran infeksi.

Wabah flu burung meningkat signifikan di Ceko sejak Januari tahun ini. Akibatnya 750 ribu ayam di peternakan unggas di wilayah Plzen Barat terpaksa ikut dimusnahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA