Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Jelang Penobatan, Masyarakat Afrika Selatan Minta Inggris Kembalikan Berlian di Tongkat Raja Charles

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 05 Mei 2023, 07:13 WIB
Jelang Penobatan, Masyarakat Afrika Selatan Minta Inggris Kembalikan Berlian di Tongkat Raja Charles
Aksesoris Kerajaan Inggris/Net
Menjelang penobatan Raja Charles III pada Sabtu (6/5) mendatang, beberapa penduduk Afrika Selatan menyerukan agar Inggris mengembalikan berlian terbesar di dunia, Bintang Afrika, yang berada ditongkat kerajaan, yang akan dipegang Charles.

Berdasarkan laporan yang dimuat Al Jazeera pada Kamis (4/5), berlian 530 karat itu ditemukan di Pretoria pada 1905 lalu dan diserahkan kepada monarki Inggris, ketika negara itu menjajah Afrika Selatan.

Saat ini perbincangan global sedang banyak menyerukan pengembalian karya seni dan artefak yang dijarah selama masa kolonial, termasuk Afrika Selatan yang kini meminta berliannya dikembalikan.

“Berlian harus datang ke Afrika Selatan. Itu perlu menjadi tanda kebanggaan kami, warisan kami, dan budaya kami,” kata seorang pengacara dan aktivis di Johannesburg, Mothusi Kamanga.

Permintaan kembali berlian yang berada di aksesoris Kerajaan itu telah ditandatangani oleh 8.000 orang dalam petisi yang dibuat secara online.

“Saya pikir secara umum orang-orang Afrika mulai menyadari bahwa dekolonisasi tidak hanya membiarkan orang memiliki kebebasan tertentu, tetapi juga mengambil kembali apa yang telah diambil alih dari kami,” tambahnya.

Tidak hanya berada di dalam tongkat, berlian yang secara resmi dikenal sebagai Cullinan I yang ditambang di Pretoria itu juga dipasang di Mahkota Negara Kerajaan yang dikenakan oleh raja Inggris pada acara-acara seremonial.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA