Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polisi Belgia Tangkap Otak Teror Bom Mematikan di Baghdad

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 05 Mei 2023, 20:18 WIB
Polisi Belgia Tangkap Otak Teror Bom Mematikan di Baghdad
Aparat keamanan Belgia/Net
rmol news logo Polisi Belgia menangkap seorang imigran Irak yang diduga menjadi anggota Al Qaeda yang menjadi dalang dari pemboman mobil mematikan di Baghdad pada 2009-2010 lalu.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan Kejaksaan Belgia pada Jumat (5/5), pria dengan inisial OYT itu ditangkap pada Rabu (2/5), ketika polisi menggerebek sebuah rumah di Kota Antwerpen yang dicurigai oleh hakim anti-teroris di negara itu.

"Dia diyakini telah menjadi bagian dari sel Al Qaeda yang sebagian bertanggung jawab atas beberapa pemboman di Zona Hijau Baghdad (Irak) pada tahun 2009 hingga 2010, yang menewaskan sedikitnya 376 orang dan melukai lebih dari 2.300 orang," kata pernyataan itu.

Serangan massal paling mematikan itu juga dikabarkan menargetkan gedung-gedung negara pemerintahan Irak.

Kini pria berusia 44 tahun itu telah muncul di pengadilan atas banyaknya tuduhan, di antaranya pembunuhan dengan niat teroris, partisipasi dalam kegiatan kelompok teroris, kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Seperti dikutip dari Alarabiya, menurut laporan jaksa Belgia, OYT telah lama tinggal di negara itu sejak 2015, yang sosoknya mulai dicurigai dengan penyelidikan yang baru diluncurkan pada 2020 lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA