Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lebih dari Satu Dekade Absen, Suriah Kembali jadi Anggota Liga Arab

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 08 Mei 2023, 12:32 WIB
Lebih dari Satu Dekade Absen, Suriah Kembali jadi Anggota Liga Arab
Para anggota negara Liga Arab dalam pertemuan luar biasa di markas besarnya di Kairo, Mesir pada Minggu, 7 Mei 2023/CNN
rmol news logo Liga Arab telah menerima kembali Suriah menjadi anggotanya, setelah negara itu absen selama 11 tahun.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Keputusan tersebut diambil setelah negara-negara anggota mencapai kesepakatan untuk mengembalikan keanggotaan Suriah dalam pertemuan luar biasa di markas besar Liga Arab di Kairo, Mesir, pada Minggu (7/5).

Keanggotaan Suriah sebelumnya ditangguhkan pada 2011 lalu, karena penumpasan brutal yang dilakukan oleh Presiden Suriah Bashar al-Assad terhadap protes anti-pemerintah.

Kini, status keanggotaan negara itu akan segera  berlaku. Namun, Liga Arab menekankan perlunya mengambil langkah praktis dan efektif lebih dulu dalam menyelesaikan krisis di Suriah.

Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit menuturkan, Presiden Assad dapat berpartisipasi dalam KTT Liga Arab mendatang, jika ia diundang dan ingin hadir.

“Suriah, mulai malam ini, adalah anggota penuh Liga Arab, dan mulai besok mereka berhak berpartisipasi dalam pertemuan apa pun. Ketika negara tuan rumah, dalam hal ini Arab Saudi, mengirimkan undangan, (Assad) dapat hadir jika dia mau,” kata Gheit, seperti dimuat CNN.

Pembukaan kembali hubungan Suriah dengan Liga Arab ini diperkirakan akan dapat memperbaiki hubungan Assad secara internasional dan memungkinkan pencabutan sanksi yang sudah melumpuhkan rezimnya selama satu dekade.

Suriah masih berada di bawah sanksi Barat yang telah berjalan selama bertahun-tahun. Sanksi paling menonjol adalah Undang-Undang Caesar AS 2019 yang telah membatasi individu, perusahaan atau pemerintah dari kegiatan ekonomi yang membantu upaya perang Assad, yang telah melumpuhkan ekonomi Suriah, dan menyebabkan kemiskinan dan kerawanan pangan di Damaskus. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA