Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Kembangkan Fasilitas Militer di Kirgizstan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 09 Mei 2023, 12:19 WIB
Rusia Kembangkan Fasilitas Militer di Kirgizstan
Presiden Kirgizstan, Sadyr Japarov berjabat tangan dengan Presiden Russia, Vladimir Putin selama pertemuan di Moskow pada Senin, 8 Mei 2023/Net
rmol news logo Pertemuan yang berlangsung antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Kirgizstan Sadyr Japarov di Moskow pada Senin (8/5) menghasilkan sejumlah kesepakatan.

Salah satunya adalah meningkatkan kerjasama militer kedua negara menyusul perkembangan perang Ukraina yang memasuki tahun kedua.

Hal itu diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri Kremlin dalam sebuah pernyataan, di mana Kirgizstan telah sepakat mengizinkan Rusia mengembangkan fasilitas mereka di sana.

"Para kepala negara menekankan pentingnya memperkuat angkatan bersenjata Republik Kirgizs dan mengembangkan fasilitas militer Rusia di wilayahnya," bunyi pernyataan itu, seperti dimuat The Defense Post.

Presiden Japarov bertemu dengan pemimpin Putin untuk menghadiri malam Hari Kemenangan, sebuah peringatan perang Soviet yang akan ditandai dengan parade tentara di Lapangan Merah.

Japarov  menjadi salah satu dari beberapa pemimpin asing yang menghadiri pawai tahun ini.

Hubungan kerjasama pertahanan Kirgizstan dan Rusia telah terjalin sejak lama. Keduanya merupakan bekas bagian dari Uni Soviet dan kini terhubung dalam aliansi militer yang dipimpin Moskow, Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO).

Kirgizstan, negara mayoritas Muslim dengan hampir tujuh juta orang, menampung pangkalan militer Rusia yang terdiri dari lapangan terbang, instalasi angkatan laut di Danau Issyk-Kul, dan beberapa situs lainnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA