Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Saint Kitts and Nevis undang Wakil Presiden Taiwan William Lai Rayakan Hari Kemerdekaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 10 Mei 2023, 09:34 WIB
Pemerintah Saint Kitts and Nevis undang Wakil Presiden Taiwan William Lai Rayakan Hari Kemerdekaan
Wakil Presiden William Lai, kiri, berjalan bersama Wakil Perdana Menteri Saint Kitts dan Nevis Geoffrey Hanley di Kantor Kepresidenan di Taipei, Selasa 9 Mei 2023/Net
rmol news logo Dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral, Wakil Perdana Menteri Saint Kitts and Nevis Geoffrey Hanley mengundang Wakil Presiden Taiwan William Lai untuk berkunjung dan merayakan peringatan 40 tahun kemerdekaan negara Karibia itu pada September mendatang.

Undangan tersebut disampaikan Hanley saat bertemu Lai di Kantor Kepresidenan di Taipei pada Selasa sebagai bagian dari rangkaian kunjungannya ke Taiwan yang dimulai sejak Senin dan akan berlangsung hingga Jumat (12/5).

"Tahun ini menandai peringatan 40 tahun kemerdekaan Saint Kitts and Nevis, serta hubungan diplomatiknya dengan Taiwan," kata Hanley, seperti dikutip dari Taipei Times, Rabu (10/5).

"Kemitraan antara kedua negara dibentuk atas dasar demokrasi, perdamaian dan supremasi hukum," katanya.

Semangat persatuan, kata Hanley, telah memberi kepercayaan kedua belah pihak untuk menghadapi tantangan global bersama, termasuk perubahan iklim dan era pandemi pasca-Covid-19. Ia menambahkan bahwa Taiwan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi negaranya.

"Taiwan telah memberikan bantuan besar kepada Saint Kitts dan Nevis di bidang pendidikan, seperti bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan negara itu untuk melatih kaum muda dan mendorong mereka menempuh pendidikan tinggi," katanya.

Hanley juga mengungkapkan bahwa Perdana Menteri Saint Kitts dan Nevis Terrance Drew pernah mengundang Presiden Tsai Ing-wen untuk menghadiri peringatan kemerdekaan ketika berkunjung ke Taiwan pada November tahun lalu.

Menanggapi undangan tersebut, Lai mengungkapkan kenangan bahwa Taiwan sebagai negara pertama yang membentuk hubungan diplomatik dengan Saint Kitts and Nevis setelah kemerdekaannya pada tahun 1983.

"Taiwan telah bekerja sama dengan sekutu dalam berbagai bidang dengan sukses besar, termasuk pendidikan, kesehatan masyarakat, infrastruktur, informasi dan komunikasi, pengolahan limbah dan energi hijau," katanya.

Lai juga berterima kasih kepada Kongres Saint Kitts and Nevis karena mengeluarkan resolusi bulan lalu untuk mendukung partisipasi Taiwan dalam organisasi internasional seperti WHO, Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, dan Interpol.

"Hanley, yang juga menteri pendidikan, berdedikasi untuk mempromosikan pendidikan khusus, serta pendidikan dan pelatihan kejuruan," kata Lai.

Lai juga berharap perjalanan Hanley mendatangkan hasil yang baik, di mana dia akan mengunjungi Sekolah Pendidikan Khusus Wenshan, Sekolah Menengah Kejuruan Daan Kota Taipei dan Badan Pengembangan Tenaga Kerja.

Sehari sebelumnya, delegasi yang dipimpin Hanley juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Joseph Wu dan menghadiri perjamuan bersamanya.

Saint Kitts dan Nevis, atau juga dikenal sebagai Federasi Saint Christopher and Nevis adalah sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Negara ini merupakan negara yang terkecil di Amerika. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA