Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Desak WHO untuk Undang Taiwan dalam Pertemuan Tahunan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 10 Mei 2023, 15:55 WIB
AS Desak WHO untuk Undang Taiwan dalam Pertemuan Tahunan
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) mendesak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengundang Taiwan sebagai pengamat pada pertemuan tahunan di Jenewa pada akhir Mei mendatang.

Seruan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Selasa (9/5), dengan mengatakan partisipasi dari seluruh pihak diperlukan dalam pertemuan dari 21 hingga 30 Mei ini.

"Mengundang Taiwan sebagai pengamat akan menunjukkan komitmen WHO terhadap pendekatan kesehatan untuk semua yang inklusif untuk kerja sama kesehatan internasional," kata Blinken dalam sebuah pernyataan.

Menurut Blinken, meski Taiwan diundang dalam acara tahunan itu, negaranya tetap akan menghormati kebijakan Satu China.

Menanggapi undangan tersebut, Kementerian Luar Negeri Taiwan mengucapkan terima kasihnya kepada AS atas dukungan kuatnya yang  tidak berusaha mengisolasi mereka di acara penting untuk membahas kesehatan global.

"Pengecualian pulau itu sepenuhnya tidak masuk akal dan akan membahayakan kerja sama kesehatan global," ujar Kementerian tersebut.

Dimuat Reuters, Rabu (10/5), sejak 2017 China yang menganggap Taiwan sebagai salah satu provinsinya, telah memblokir partisipasi Taiwan dalam sidang tahunan WHO dengan mengisolasi pulau yang berdiri sendiri itu.  rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA