Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Diduga akan Produksi Drone Shahed-136 untuk Rusia di Pabrik-pabrik Belarusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 11 Mei 2023, 11:32 WIB
Iran Diduga akan Produksi Drone Shahed-136 untuk Rusia di Pabrik-pabrik Belarusia
Drone Shahed-136 Iran/Net
rmol news logo Sebuah laporan yang dirilis oleh Pusat Perlawanan Nasional Ukraina menyebut bahwa Iran berencana memproduksi pesawat tak berawak atau drone Shahed-136 untuk Rusia di pabrik-pabrik lokal Belarusia.

Menurut laporan itu, delegasi Iran di Belarus sedang menjajaki penyesuaian pabrik-pabrik lokal untuk memproduksi drone.

"Sebuah kelompok kerja insinyur Iran sedang mempertimbangkan untuk mengubah pabrik di Gomel, Belarusia menjadi produksi drone seri Shahed," kata lembaga tersebut, seperti dimuat The Jerusalem Post pada Rabu (10/5).

Produksi di negara tetangga Belarusia dinilai akan memungkinkan produk Iran lebih mudah didistribusikan ke Rusia, sehingga Kremlin tidak lagi menghadapi masalah logistik dengan mengangkut drone-drone tersebut dari Timur Tengah.

Pengembangan pabrik pesawat tak berawak Iran di Belarusia bukan yang pertama kali terjadi. Minsk telah menjadi pusat kerja sama Rusia-Iran dalam bidang pertahanan udara.

Oktober tahun lalu, Pusat Perlawanan Nasional Ukraina juga menduga adanya keterlibatan instruktur dari Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran dalam pelatihan drone Shahed bagi tentara Rusia di wilayah Gomel.

Sejak perang meletus Februari tahun lalu, Rusia telah menggunakan drone bunuh diri Shahed-136 buatan Iran untuk menyerang pertahanan udara dan kota-kota Ukraina.

Drone tersebut kerap diluncurkan dalam koordinasi dengan serangan artileri dan rudal. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA