Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putri Mantan Presiden Afrika Selatan Dituding jadi Buzzer Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 Mei 2023, 07:24 WIB
Putri Mantan Presiden Afrika Selatan Dituding jadi Buzzer Rusia
Putri mantan presiden Afrika selaran Jacob Zuma, Duduzile Zuma-Sambudla/Net
rmol news logo Penelitian media sosial yang didanai oleh Centre for Information Resilience (CIR) yang berbasis di Inggris menemukan bahwa putri mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma telah membantu Rusia mencuci informasi tentang perang di Ukraina.

Dalam sebuah cuitan di Twitter, organisasi itu mengatakan tweet pro-Rusia oleh Duduzile Zuma-Sambudla berada di garis depan upaya Moskow untuk mempengaruhi opini publik ke pihaknya di Afrika Selatan dan sekitarnya.

"Buktinya meyakinkan," kata Nina Jankowicz, wakil presiden CIR. Organisasi ini sebelumnya didanai oleh pemerintah Inggris, Australia, dan AS.

"Dia adalah pendorong yang jelas dari kampanye dan titik awal dari banyak tweet yang direplikasi di sekitar lingkungan informasi Afrika Selatan, dan akhirnya lebih jauh lagi," ujarnya, seperti dilaporkan News24.

Zuma-Sambudla yang merupakan tokoh terkemuka di Twitter Afrika Selatan dengan sekitar 237.000 pengikut tidak menanggapi tuduhan tersebut.

Afrika Selatan mendapat serangan kritikan dari Barat atas sikap netralnya dalam perang Ukraina. Negara itu juga menolak mengutuk Rusia atas perangnya di Ukraina. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA