Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Urutan Kedua Jumlah Mahasiswa Terbanyak di Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 14 Mei 2023, 18:44 WIB
Indonesia Urutan Kedua Jumlah Mahasiswa Terbanyak di Malaysia
CEO Education Malaysia Global Service (EMGS), Novie Bin Tajudin dalam acara seminar dan pameran pascasarjana Malaysia, di Menara Mandiri, Jakarta pada Minggu, 14 Mei 2023/RMOL
rmol news logo Malaysia telah dikenal sebagai salah satu destinasi pendidikan yang diminati di dunia. Maka tidak aneh jika ribuan pelajar Indonesia berbondong-bondong mengenyam pendidikan di sana.

Menurut CEO Education Malaysia Global Service (EMGS), Novie Bin Tajudin, jumlah mahasiswa Indonesia yang ada di Malaysia cukup banyak dan menempati peringkat kedua dengan 11.000 orang berdasarkan data yang dirilis tahun lalu.

"Indonesia ada di peringkat kedua dengan jumlah mahasiswa di Malaysia terbanyak," kata Novie kepada Kantor Berita Politik RMOL, saat mengawal jalannya acara seminar dan pameran pascasarjana Malaysia di Menara Mandiri, Jakarta pada Minggu (14/5).

Lebih lanjut, Novie mengungkap posisi pertama ditempati oleh China dan ketiga oleh Bangladesh. Kendati demikian ia tidak menyebutkan jumlahnya secara spesifik.

Merujuk pada data tersebut, kata Novie, Indonesia dipilih menjadi negara pertama yang dituju untuk menggelar seminar dan pameran pascasarjana pertama, di banding negara tetangga lainnya.

"Dibandingkan Filipina dan Thailand, kita memilih Indonesia sebagai lokasi pertama dari pameran ini, karena minat pelajar di sini cukup tinggi untuk ke Malaysia," kata Novie.

Novie kemudian menyebutkan beberapa jurusan pascasarjana yang populer dan menjadi pilihan kalangan mahasiswa dari Indonesia.

"Di antaranya ialah jurusan bisnis, administrasi, pendidikan, ilmu komputer, ilmu sosial," ungkap Novie.

Menurut Novie, Malaysia bisa menjadi pilihan utama bagi dosen-dosen Indonesia yang ingin meraih gelar doktor dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau.

"Kita memiliki moto, terdekat, terakui dan terjangkau. Sehingga ini bisa menjadi tawaran yang sangat bagus untuk mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di Malaysia," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA