Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terlibat Kasus Suap, Mantan Menteri Energi Ekuador Ditangkap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 16 Mei 2023, 20:35 WIB
Terlibat Kasus Suap, Mantan Menteri Energi Ekuador Ditangkap
Mantan Menteri Pertambangan dan Energi Ekuador, Xavier Vera/Net
rmol news logo Otoritas Ekuador telah menangkap mantan Menteri Pertambangan dan Energi, Xavier Vera yang diduga kuat terlibat dalam kasus korupsi sebuah perusahaan minyak milik negara, Petroecuador.

Melalui cuitan di Twitter pada Selasa (16/5), Kantor Kejaksaan Agung mengurai, kasus yang melibatkan Vera telah diselidiki sejak Oktober tahun lalu. Kendati demikian, surat perintah penangkapan mantan menteri itu baru dirilis pada bulan ini.

"Kantor Kejaksaan Agung, dengan dukungan dari (polisi Ekuador) mengeksekusi surat perintah penangkapan terhadap Xavier V., dalam penyelidikan atas dugaan penyuapan," cuit kejaksaan.

Mengutip Reuters, Vera mengundurkan diri pada Oktober tahun lalu, setelah menjabat sebagai Menteri Energi selama enam bulan. Pengunduran diri ini diumumkan hanya beberapa jam setelah jaksa menggerebek properti Vera di ibukota Quito dan kota pesisir Guayaquil, termasuk kantor dan hotel miliknya.

Seiring dengan penyelidikan, Vera mendapat beberapa tuduhan korupsi. Ia diduga mengatur pekerjaan di Petroecuador dengan imbalan suap.

Meski begitu, Vera membantah tuduhan itu. Ia menyebutnya sebagai fitnah dan upaya untuk mendiskreditkan pemerintahan Presiden Guillermo Lasso.

Sebab, penahanan Vera terjadi bersamaan dengan upaya anggota parlemen oposisi untuk memakzulkan Lasso dengan tuduhan penggelapan di perusahaan transportasi minyak milik negara Flopec. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA