Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ingin Damaikan Rusia-Ukraina, Enam Presiden Afrika Segera Kunjungi Moskow dan Kyiv

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 18 Mei 2023, 08:06 WIB
Ingin Damaikan Rusia-Ukraina, Enam Presiden Afrika Segera Kunjungi Moskow dan Kyiv
Ilustrasi/Net
rmol news logo Upaya mendamaikan Rusia dan Ukraina terus dilakukan sejumlah pihak, termasuk para pemimpin dari benua Afrika.

Dalam pernyataannya pada Rabu (17/5), Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan mengumumkan bahwa enam presiden Afrika diharapkan segera melakukan perjalanan bersama ke Moskow dan Kyiv dengan harapan dapat memfasilitasi negosiasi antara kedua negara.

Bloomberg melaporkan, rincian dari upaya tersebut masih diselesaikan tetapi misi mereka kemungkinan dapat dilakukan pada awal Juni mendatang.

Direktur Jenderal Departemen Hubungan Internasional dan Kerja Sama Afsel Zane Dangor mengatakan bahwa itu akan menjadi hari yang sibuk di mana keenam kepala negara akan bolak-balik antara dua ibu kota dalam waktu yang singkat.

“Keenam kepala negara akan bolak-balik antara dua ibu kota untuk terlibat dalam memfasilitasi pembicaraan damai, setidaknya menuju gencatan senjata,” katanya.

Dalam pertemuan virtual dengan anggota parlemen pada Rabu, Dangor menyatakan bahwa inisiatif tersebut telah disampaikan kepada Sekjen PBB.

“Kami juga telah terlibat dengan aktor lain, termasuk AS. Ada dukungan umum untuk prakarsa ini yang diumumkan oleh Presiden (Cyril) Ramaphosa,” katanya.

Dangor juga mencatat bahwa Naledi Pandor, menteri luar negeri Afrika Selatan, akan bertemu dengan mitranya dari Ukraina di Portugal dalam beberapa hari mendatang untuk membahas inisiatif Afrika.

Pernyataan resmi itu muncul setelah Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengumumkan pada Selasa bahwa para pemimpin Mesir, Uganda, Zambia, Senegal, dan Republik Kongo, telah menyatakan kesediaan mereka untuk mengambil bagian dalam inisiatif perdamaian.

Dikatakan Ramaphosa, baik Presiden Rusia Vladimir Putin maupun pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky telah setuju untuk menjadi tuan rumah misi tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA