Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belasan Sungai Jebol, Italia Dilanda Banjir Bandang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 18 Mei 2023, 08:31 WIB
Belasan Sungai Jebol, Italia Dilanda Banjir Bandang
Banjir bandang merendam rumah warga di Emilia-Romagna, Italia utara pada Rabu, 17 Mei 2023/Net
rmol news logo Hujan deras menyebabkan belasan sungai jebol dan membanjiri puluhan kota di wilayah Emilia-Romagna, Italia utara pada Rabu (17/5) waktu setempat.

Menurut pihak berwenang yang dikutip BBC, 14 sungai yang jebol itu telah menyebabkan banjir di 23 kota di wilayah, termasuk di kota Ravenna.

Akibat banjir bandang tersebut, lima orang dikabarkan meninggal dunia. Sementara sekitar 5.000 orang telah dievakuasi, dengan beberapa lainnya diselamatkan dari atap rumah mereka dengan menggunakan helikopter.

"Ini mungkin malam terburuk dalam sejarah Romagna. Kini Ravenna tidak dapat dikenali karena kerusakan yang dideritanya," kata Walikota Ravenna, Michele de Pascale.

Puluhan kota lainnya juga telah melaporkan kelumpuhan serupa di kotanya akibat banjir bandang tersebut, yang menyebabkan pemadaman listrik di beberapa wilayah terdampak.

Orang-orang kini berlindung di pusat kebugaran dan sekolah di seluruh Emilia-Romagna. Presiden Regional Stefano Bonaccini juga telah mendesak warganya untuk tidak mendekati sungai

"Mereka yang tinggal di daerah yang dekat dengan aliran air harus pindah ke tempat yang lebih tinggi," ujarnya.

Saat ini Perdana Menteri Italia Georgia Meloni sedang memimpin pertemuan krisis dengan para pejabat perlindungan sipil, di tengah hujan deras yang diperkirakan akan terus terjadi di negara itu hingga beberapa hari mendatang.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA