Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden Belum Bisa Pastikan Kapan akan Bertemu Xi Jinping

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 18 Mei 2023, 08:32 WIB
Joe Biden Belum Bisa Pastikan Kapan akan Bertemu Xi Jinping
Presiden AS Joe Biden/Net
rmol news logo Meskipun belum bisa menentukan secara pasti kapan tepatnya, Presiden AS Joe Biden kembali menekankan bahwa ia harus bertemu dengan Presiden China Xi Jinping.

Pernyataan tersebut disampaikan Biden saat dirinya menanggapi pertanyaan teriakan dari seorang reporter saat dia bersiap meninggalkan AS untuk KTT G-7 di Hiroshima, Jepang.

"Entah segera atau tidak, kami akan bertemu," kata Biden, seperti dikutip dari AFP, Kamis (18/5).

Hubungan AS-China berada di bawah tekanan yang signifikan sebagai akibat dari sejumlah masalah, yang semakin diperburuk secara dramatis setelah ditemukan apa yang dikatakan pemerintahan Biden sebagai balon mata-mata China di atas benua AS awal tahun ini.

China mengakui kepemilikan pesawat itu, tetapi mempertahankannya klaimnya bahwa balon pemantau cuaca itu  terbang keluar jalur. China juga  mengutuk keputusan Washington untuk menurunkannya, dan menangguhkan beberapa kontak dengan AS, termasuk dialog militer tingkat tinggi.

Setelah insiden tersebut, AS membatalkan pertemuan para diplomat top untuk menindaklanjuti pertemuan November antara Biden dan Xi saat G20 di Indonesia.

Kedua negara terus berupaya mempertahankan jalur komunikasi terbuka, salah satunya dengan pertemuan antara Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan dan direktur Kantor Luar Negeri Wang Yi, pekan lalu

Gedung Putih dalam pernyataannya mengatakan pertemuan itu digelar untuk menata kembali hubungan secara bertanggung jawab.

“Kedua belah pihak sepakat untuk mempertahankan saluran komunikasi strategis yang penting ini," kata Gedung Putih. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA