Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Filipina Amankan Wilayah, Australia Siap Kirim Drone Pengintai Canggih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 19 Mei 2023, 08:13 WIB
Bantu Filipina Amankan Wilayah, Australia Siap Kirim Drone Pengintai Canggih
Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dan Menteri Luar Negeri Filipina Enrique saat konferensi pers bersama di Makati City, Filipina pada Kamis 18 Mei 2023/Net
rmol news logo Pemerintah Australia telah sepakat untuk mengirimkan drone pengintai dan peralatan berteknologi tinggi lainnya kepada penjaga pantai Filipina.

Berbicara di Manila bersama mitranya, Enrique Manalo, pada Kamis (18/5), Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong juga mengatakan negaranya sedang mempertimbangkan apakah akan mengambil bagian dalam patroli bersama di Laut China Selatan yang disengketakan.

Amerika Serikat dan Filipina, yang merupakan sekutu perjanjian lama, telah mengadakan pembicaraan tentang usulan patroli angkatan laut bersama di Laut China Selatan.

"Kami terbuka untuk bekerja sama dengan semua mitra kami untuk melaksanakan kebebasan navigasi dan penerbangan," ujarnya, seperti dikutip dari 9News.

"Departemen kami sedang mendiskusikan jalur terbaik untuk memajukan ini, dan kami ingin terus bekerja sama dengan Filipina dalam hal itu," kata Wong, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Dalam pembicaraannya dengan para pejabat Filipina, Wong mengatakan dia membahas cara-cara untuk meningkatkan kerja sama keamanan, termasuk menyediakan peralatan drone, pelatihan, dan teknologi lainnya untuk memperkuat dan meningkatkan kemampuan penjaga pantai dalam melindungi wilayahnya.

"Kedua negara juga mendiskusikan rencana untuk lebih banyak pelatihan dan latihan militer bersama," kata Wong. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA