Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Laut China Selatan Memanas, Vietnam Protes ke China dan Filipina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 19 Mei 2023, 09:55 WIB
Laut China Selatan Memanas, Vietnam Protes ke China dan Filipina
Buoy yang dipasang Filipina di Laut China Selatan/Net
rmol news logo Vietnam memprotes manuver yang dilakukan oleh kapal penelitian China dan penjaga pantai Filipina di Laut China Selatan baru-baru ini. Vietnam menyebutnya sebagai tindakan yang melanggar hak kedaulatannya.

Pada beberapa kesempatan dalam beberapa hari terakhir, kapal Vietnam dan China saling berhadapan di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Vietnam. Kapal China tersebut merupakan kapal survei, namun diduga dikerahkan tanpa izin.

Berbicara dalam konferensi pers pada Kamis (18/5), jurubicara Kementeriann Luar Negeri Vietnam, Pham Thu Hang mengatakan kapal itu melanggar hak kedaulatan dan yurisdiksi Vietnam.

"Vietnam akan mengambil langkah yang tepat untuk mempertahankan hak," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Filipina juga ditegur karena menempatkan buoy atau pelampung navigasi di lima wilayah ZEE Vietnam untuk menegaskan kedaulatan atas pulau-pulau Spratly yang dipersengketakan, yang bagian-bagiannya juga diklaim oleh Vietnam.

"Vietnam sangat menentang semua tindakan yang melanggar hak kedaulatan Vietnam," ketika Hang ditanya tentang langkah Filipina.

Ketegangan di Laut China Selatan terus memanas, khususnya dengan Beijing yang mengklaim hampir seluruh wilayah tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA