Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Haji 2023, Arab Saudi dan Pakistan Teken Kerja Sama Proyek "Jalan menuju Mekkah"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 19 Mei 2023, 16:58 WIB
Jelang Haji 2023, Arab Saudi dan Pakistan Teken Kerja Sama Proyek "Jalan menuju Mekkah"
Wakil Menteri Dalam Negeri Saudi Dr Nasir bin Abdulaziz Al-Dawood dan Menteri Dalam Negeri Pakistan Rana Sanaullah menandatangani perjanjian di Islamabad pada Rabu, 17 Mei 2023/Net
rmol news logo   Sebuah proyek kerja sama bernama "Jalan Menuju Mekkah" telah ditandatangani oleh Arab Saudi dan Pakistan untuk menyederhanakan prosedur imigrasi bagi jamaah haji dan umrah tahun ini.

Mengutip laporan Saudi Gazette pada Jumat (19/5), kesepakatan kerja sama itu secara resmi ditandatangani Wakil Menteri Dalam Negeri Saudi Nasir bin Abdulaziz Al-Dawood dan Menteri Dalam Negeri Pakistan Rana Sanaullah dalam sebuah upacara di Islamabad, Rabu (17/5).  

Acara itu juga disaksikan oleh Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif dan Duta Besar Saudi untuk Pakistan Nawaf bin Said Al-Malki di kediaman Perdana Menteri.

Di bawah proyek kerja sama, jamaah haji dan umrah Pakistan akan mendapat fasilitas imigrasi di titik keberangkatan mereka di Pakistan sebelum keberangkatan mereka ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

"Tahap pertama akan ada 26.000 jemaah yang mendapat prosedur penyederhanaan di Bandara Internasional Islamabad," bunyi laporan tersebut.

Pihak Saudi berencana memperluas mekanisme hingga ke bandara Karachi dan Lahore.

Selain proyek tersebut, kedua negara juga membahas penerbitan paspor Pakistan untuk beberapa Muslim Burma yang tinggal di Arab Saudi.

Pakistan pernah mengeluarkan paspor untuk hampir 250.000 Muslim Burma, tetapi setelah 2012 paspor itu tidak pernah diperbarui sehingga Saudi kesulitan menentukan status mereka di negara mereka.

Di bawah pengaturan baru, Muslim Burma dan anak-anak mereka akan diberikan paspor untuk memperbaiki status hukum mereka di Arab Saudi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA