Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gedung Putih Pastikan Biden Hadir dalam Pertemuan Quad di Hiroshima

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 20 Mei 2023, 09:28 WIB
Gedung Putih Pastikan Biden Hadir dalam Pertemuan Quad di Hiroshima
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Narendra Modi dari India dan Perdana Menteri Kishida Fumio dari Jepang/Net
rmol news logo Setelah gagal melakukan pertemuan terjadwal di Australia, para pemimpin Quad akhirnya sepakat menggelar pertemuan di Hiroshima Jepang pada Sabtu (20/5) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gedung Putih dalam pernyataannya pada Jumat (19/5) mengatakan Presiden AS Joe Biden dipastikan hadir dalam pertemuan tersebut.

“Setelah Presiden Biden harus menunda perjalanannya ke Australia, para pemimpin Quad setuju bahwa mereka akan mengadakan pertemuan puncak mereka di Hiroshima untuk memastikan bahwa keempat pemimpin dapat berkumpul untuk menandai kemajuan Quad selama setahun terakhir," menurut pernyataan yang disampaikan Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre seperti dikutip dari AFP.

"Jadi besok, selain G7, Presiden Biden akan berpartisipasi dalam pertemuan ketiga Quad Leaders secara langsung dengan Perdana Menteri Anthony Albanese dari Australia, Perdana Menteri Kishida Fumio dari Jepang, dan Perdana Menteri Narendra Modi dari India,” katanya.

Awal pekan ini, rencana pertemuan puncak para pemimpin Quad dari AS, India, Australia, dan Jepang di Sydney dibatalkan setelah Biden menarik diri dari kunjungannya karena sedang fokus dalam pembicaraan batas utang yang sedang berlangsung di Washington.

“Bersamaan dengan berbagi penilaian strategis, para pemimpin akan menyambut bentuk baru kerja sama Quad dalam teknologi digital yang aman, kabel bawah laut, pembangunan kapasitas infrastruktur, dan kesadaran domain maritim,” kata Jean-Pierre.

"Biden telah berterima kasih kepada sesama pemimpin Quad atas fleksibilitas, dan berharap untuk menjadwal ulang perjalanannya," lanjutnya.

Tak hanya batal berkunjung ke Sydney, awal pekan ini, Biden juga membatalkan rencana perjalanan bersejarah ke Papua Nugini dalam upayanya membendung pengaruh China di negara kepulauan Pasifik.

Sebelumnya, Gedung Putih mengatakan pada Kamis bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan melakukan perjalanan ke Papua Nugini menggantikan Biden untuk menandatangani dua perjanjian keamanan, tentang kerja sama pertahanan dan pengawasan maritim.

Quad merupakan aliansi yang terdiri dari empat negara, yang sebelumnya digagas oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada 2007.

Banyak yang memandang aliiansi ini didirikan untuk membendung pengaruh China di kawasan Asia Pasifik, karena keempat negara anggota memiliki masalah dengan Negeri Tirai Bambu Itu. Namun, para anggota memgklaim bahwa aliansi mempunyai tujuan memperdalam hubungan di bidang ekonomi, diplomatik dan militer antar empat negara.

Setelah dibentuk, aliansi ini malah tidak bergerak. Quad justru menggeliat pada masa kepemimpinan Biden yang kemudian merapatkan barisan dengan anggota lainnya dan mengadakan pertemuan bersama pada 2021. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA