Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suriah Kembali ke Pangkuan Liga Arab, Pengamat China: Arab akan Keluar dari Perpecahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 20 Mei 2023, 15:51 WIB
Suriah Kembali ke Pangkuan Liga Arab, Pengamat China: Arab akan Keluar dari Perpecahan
Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk pertama kalinya dalam 12 tahun hadir dalam Liga Arab 2023/Net
rmol news logo Negara-negara Arab telah memulai pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Liga Arab 2023 di Kota Jeddah, Arab Saudi, Jumat (19/5) waktu setempat.

Yang menarik dari pertemuan tahun ini adalah kehadiran Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk pertama kalinya dalam 12 tahun. Ini menandai kembalinya Suriah secara resmi ke dalam blok 22 negara

Para pengamat China mengatakan, kehadiran al-Assad dalam KTT tahun ini menjadi sinyal positif bagi negara-negara Arab, menyebut kembalinya Suriah menunjukkan dunia Arab akan keluar dari perpecahan dan menciptakan jalan baru untuk mengejar diplomasi independen melalui pendekatan damai.

"Kehadiran presiden Suriah di KTT Liga Arab untuk pertama kalinya dalam lebih dari belasan tahun mencerminkan kembalinya Suriah ke dunia Arab setelah lebih dari satu dekade isolasi di wilayah tersebut," kata Liu Zhongmin, seorang profesor di Timur Tengah. Institut Studi Universitas Studi Internasional Shanghai, seperti dikutip dari Global Times, Sabtu (20/5).

Liu mengatakan ini adalah kemajuan terbaru setelah munculnya gelombang rekonsiliasi termasuk dimulainya kembali hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Iran yang diinisiasi China.

"Rekonsiliasi kedua negara, yang didorong oleh mediasi Tiongkok, tidak hanya membantu mendorong pelonggaran ketegangan di Timur Tengah, tetapi juga mengubah tatanan politik regional dan budaya strategis yang bercirikan konfrontasi," katanya.

"Gagasan dan praktik pembangunan damai, pembicaraan terkoordinasi, toleransi, dan belajar dari satu sama lain yang telah didedikasikan untuk dipromosikan oleh China menjadi pilihan umum bagi negara-negara di kawasan ini dan diharapkan akan membantu mempromosikan tren meredakan ketegangan dan pembangunan di kawasan tersebut," lanjut Liu.

Topik yang berkaitan dengan Suriah diharapkan akan dibahas pada KTT tersebut adalah kembalinya pengungsi Suriah ke negara mereka dan pembangunan kembali Suriah, dan normalisasi resmi hubungan diplomatik dengan Suriah.

Selama KTT, Assad juga diperkirakan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara.

Liga Arab menangguhkan keanggotaan Suriah, salah satu anggota pendirinya, setelah krisis Suriah meletus pada 2011. Pada 7 Mei, Liga Arab mengadakan pertemuan dan mengumumkan kesepakatan untuk mengembalikan Suriah ke blok tersebut.

"Dunia Arab sedang menuju era baru di mana negara-negara anggota menjunjung tinggi persatuan dan kemauan mereka untuk berdiri di atas kaki mereka sendiri dan memecahkan masalah regional melalui pendekatan damai yang lebih kuat dari sebelumnya," kata Zhu Weilie, direktur Institut Studi Timur Tengah di Shanghai University.

Zhu mengatakan bahwa kehadiran militer ilegal AS di Suriah dan kebijakan sanksinya terhadap negara tersebut tidak sesuai dengan tren hubungan regional, karena permintaan kawasan akan jaminan keamanan AS telah menurun tajam.

Langkah Liga Arab untuk mengembalikan Damaskus menyebabkan keberatan dari AS dan negara-negara Barat lainnya.

"Kami telah berkonsultasi dengan mitra kami tentang rencana mereka, dan memperjelas bahwa kami tidak akan menormalisasi hubungan dengan rezim Assad, dan sanksi kami tetap berlaku penuh," kata juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre sebelumnya.

Zhu menanggapi dengan mengatakan, jika AS tetap menjatuhkan sanksi pada negara-negara terkait, itu hanya akan memperlebar keretakan hubungannya dengan negara-negara kawasan.

China sendiri sudah mendesak AS untuk mengesampingkan obsesi geopolitiknya dan segera mencabut sanksi sepihak terhadap Suriah, karena keterlibatan jangka panjang Washington dalam krisis Suriah melalui intervensi militer dan sanksi ekonomi telah mengakibatkan banyak korban sipil dan menciptakan kesulitan dalam pembangunan ekonomi negara. dan proses rekonstruksi.

Selain pemimpin Suriah, KTT Liga Arab juga dihadiri oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Dia tiba di Jeddah pada hari Jumat dan menulis dalam sebuah tweet: "memulai kunjungan pertama saya ke Kerajaan Arab Saudi untuk meningkatkan hubungan bilateral dan hubungan Ukraina dengan dunia Arab."

Kehadiran Zelensky di KTT lebih mungkin ditujukan untuk mencari bantuan kemanusiaan dan dukungan keuangan dari kawasan Arab, serta untuk meningkatkan ekspor makanan Ukraina di sana, kata para analis.

Mereka menambahkan bahwa presiden Ukraina juga tertarik untuk mencari saran solusi damai untuk krisis dari Arab Saudi, karena ada contoh sukses rekonsiliasi antara Riyadh dan Teheran dengan bantuan China.

Oleh karena itu, para ahli mengatakan bahwa solusi pragmatis untuk meredakan konflik di Ukraina lebih diperlukan daripada senjata atau bantuan militer dari Barat, dan jika Kyiv memahami hal ini, itu akan sangat membantu proses perdamaian krisis Ukraina. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA