Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Tsai: Perang Bukan Pilihan, Taiwan akan Pertahankan Status Quo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 21 Mei 2023, 06:32 WIB
Presiden Tsai: Perang Bukan Pilihan, Taiwan akan Pertahankan Status Quo
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen/Net
rmol news logo Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berjanji untuk mempertahankan status quo perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan yang semakin tegang di tengah agresivitas China.

Hal itu disampaikan oleh Tsai dalam pidato di kantor kepresidenan di Taipei pada Sabtu (20/5). Ia menegaskan bahwa Taiwan tidak akan memprovokasi atau tunduk pada tekanan dari China.

"Perang bukanlah suatu pilihan. Tidak ada pihak yang dapat mengubah status quo secara sepihak dengan cara yang tidak damai. Mempertahankan status quo perdamaian dan stabilitas adalah kesepakatan dunia dan Taiwan," tegas Tsai, seperti dikutip The Week.

Baru-baru ini, hubungan Taiwan-China semakin memburuk dengan kunjungan Tsai ke Amerika Serikat (AS) untuk mencari bantuan dalam upaya memperkuat militer.

China sendiri telah meningkatkan tekanan militer dan diplomatiknya untuk memaksa pulau itu menerima kedaulatan China sejak Tsai menjabat pada 2016.

"Meskipun Taiwan dikelilingi oleh risiko, itu sama sekali bukan pembuat risiko. Kami adalah manajer risiko yang bertanggung jawab dan Taiwan akan berdiri bersama dengan negara-negara demokrasi dan komunitas di seluruh dunia untuk bersama-sama meredakan risiko tersebut," tambah Tsai.

Tsai juga mengatakan Taiwan sedang berdiskusi dengan pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk mengirimkan bantuan senjata senilai 500 juta dolar.

Sementara itu, pada pertengahan Januari, Taiwan bersiap untuk pemilihan presiden utama.

"Ketakutan akan perang tidak akan pernah menghilangkan harapan akan perdamaian," kata calon presiden dari Partai Kuomintang (KMT) Hou Yu-ih pada sebuah acara di Taipei untuk memulai kampanye pemilihan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA