Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahrain Kembali Lanjutkan Hubungan Diplomatik dengan Lebanon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 22 Mei 2023, 01:19 WIB
Bahrain Kembali Lanjutkan Hubungan Diplomatik dengan Lebanon
Ilustrasi/Net
rmol news logo Setelah dua tahun Lebanon mengalami krisis hubungan dengan beberapa negara Teluk, kini Bahrain memutuskan untuk kembali melanjutkan hubungan diplomatiknya dengan Beirut.

Pengumuman pemulihan hubungan itu disampaikan oleh Kantor Berita Bahrain, yang disambut baik oleh Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati.

“Dalam pelaksanaan arahan kepemimpinan, Kementerian Luar Negeri mengumumkan bahwa Kerajaan Bahrain telah memutuskan untuk melanjutkan perwakilan diplomatik di tingkat duta besar dengan saudara Republik Lebanon,” kata Kantor Berita Bahrain.

Berdasarkan laporan yang dimuat JPost, Minggu (21/5), inisiatif pemulihan hubungan itu terjadi di tengah negara-negara Teluk sedang berupaya untuk memperbaiki hubungannya satu sama lain, dengan Iran, Suriah, dan kini Lebanon.

“Keputusan ini diambil untuk memperkuat hubungan persaudaraan antara kedua negara dan rakyatnya serta mempromosikan rasa saling menghormati, sesuai dengan prinsip Piagam Liga Arab, dan ketentuan Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik, 1961,” tambah kantor berita itu.

Pada 2021, Bahrain mengikuti langkah Arab Saudi untuk memutuskan hubungannya dengan Lebanon, setelah Menteri Penerangan Lebanon saat itu, George Kordahi, menyebut bahwa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) adalah agresor dalam perang di Yaman.

Komentar itu telah membuat beberapa negara marah dan memutuskan hubungannya dengan Lebanon.

Namun, Kordahi dengan cepat mengajukan pengunduran dirinya setelah komentarnya di televisi telah membuat negara itu jatuh dalam keterpurukan ekonomi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA